Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Relevansi Materi, Proses, dan Penilaian Pembelajaran pada Buku Siswa Mata Pelajaran Tata Hidang berdasarkan Kurikulum 2013

Devinta sari

Abstrak


ABSTRACT

 

Devintasari. 2016. Analisis Relevansi Materi, Proses, dan Penilaian Pembelajaran pada Buku Siswa Mata Pelajaran Tata Hidang berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Nunung Nurjanah, M.Kes., (2) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd.

Kata kunci: relevansi, buku siswa, tata hidang, kurikulum 2013

Kurikulum 2013 (K-13) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Terkait implementasi K-13, pemerintah telah mempersiapkan bahan ajar dalam bentuk buku siswayang dimaknai sebagai buku kerja siswa. Buku Siswa Mata Pelajaran Tata Hidang terdapat 2 jilid dan telah didistribusikan ke sekolah-sekolah dalam bentuk soft file. Guru-guru masih banyak yang belum menggunakan buku siswa sebagai sumber belajar karena kurangnya cakupan materi pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan pengkajian mengenai relevansi materi, proses, penilaian, dan kesesuaian pengorganisasian materi belajar pada buku siswa berdasarkan K-13.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan  penelitian deskriptif-evaluatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Data penelitian diperoleh dengan membandingkan materi, proses, penilaian dan pengorganisaisan pembelajaran pada Buku Siswa Mata Pelajaran Tata Hidang Jilid 1-2 berdasarkan standar isi, proses, penilaian, dan pengorganisasian materi pembelajaran pada K-13.

 

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, relevansi materi pembelajaran pada Buku SiswaMata Pelajaran Tata Hidang dengan Kompetensi dalam K-13 tergolong relevan (94%) untuk jilid 1 dan tergolong kurang relevan (24%) untuk Buku SiswaMata Pelajaran Tata Hidang jilid 2. Kedua, padaBuku Siswa Mata Pelajaran Tata Hidang Jilid 1 tidak menggunakan sintak model pembelajaran tetapi pada tugas individu dan tugas kelompok mengarah pada pendekatan ilmiah. Pada Buku SiswaTata Hidang Jilid 2 menggambarkan sintak model pembelajaran yaitu PBL (Problem Based Learning) dan prosesbelajar mengarah pada pendekatan ilmiah. Ketiga, sistem penilaian pada Buku Siswa Tata Hidang Jilid 1-2 sesuai dengan standar penilaian pada K-13,yaitu berupa penilaian penilaian otentik. Keempat, pengorganisasian materi pembelajaran pada Buku SiswaTata Hidang Jilid 1 & 2 sudah sesuai dengan integrasi model pembelajaran dan pendekatan ilmiah.