Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga di Universitas Negeri Malang

IMAY KARTIKA YULANDASARI

Abstrak


ABSTRACT

 

Yulandasari, Imay Kartika. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga di Universitas Negeri Malang. Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Rina Rifqie Mariana, M.P. (2) Aisyah Larasati, S.T., M.T., MIM., Ph.D.

Kata kunci: Pemilihan Program Studi, analisis faktor, S1 Pendidikan Tata Boga

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum seorang calon mahasiswa menjatuhkan pilihannya kepada salah satu perguruan tinggi. Menentukan pilihan perguruan tinggi memerlukan proses rasional, karena akan memiliki konsekuensi jangka panjang dan berkaitam dengan waktu, persiapan, dana, dan sikap mental dari mahasiswa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih program studi S1 pendidikan Tata Boga; (2) menentukan faktor dominan yang mempengaruhi mahasiswa dalam pemilihan program studi S1 pendidikan Tata Boga. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner jenis tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga angkatan 2012 sampai 2015. Adapun sampel penelitian ini sebesar 159 responden dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah explanatory analisis faktor.

Hasil penelitian ini menemukan faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih program studi S1 Pendidikan Tata Boga terdiri atas 11 variabel (faktor motivasi, cita-cita, konsep diri, minat, latar belakang pendidikan, biaya pendidikan, ketersediaan beasiswa, lingkungan keluarga, teman, kondisi ekonomi, dan peluang kerja) dan dapat dikelompokkan menjadi 5 faktor yaitu faktor motivasi sebesar 17,47%, faktor latar belakang pendidikan sebesar 17,05%, faktor lingkungan keluarga sebesar 13,53%, faktor lingkungan sekitar mahasiswa sebesar 12,77%, faktor peluang kerja sebesar 10,92%. Faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih program studi S1 Pendidikan Tata Boga adalah faktor motivasi.

 

Kesimpulan penelitian ini ada 5 faktor yang mempengaruhi mahasiswa memilih program studi, (1) faktor motivasi, (2) faktor latar belakang pendidikan, (3) faktor lingkungan keluarga, (4) faktor lingkungan sekitar mahasiswa, (5) faktor peluang kerja. Faktor yang paling dominan adalah faktor motivasi. Berdasarkan penelitian saran yang didapat (1) Bagi jurusan adalah meningkatkan daya tarik calon mahasiswa dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi, (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menemukan variabel-variabel yang lebih variatif sehingga dapat menambah hasil penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi program studi.