Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi dan Pemetaan Kue Khas Mojokerto

Devi Palasari

Abstrak


ABSTRACT

 

Palasari, Devi. 2016. Identifikasi dan Pemetaan Kue Khas Mojokerto. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nunung Nurjanah, M.Kes., (II) Laili Hidayati, S.Pd., M.Si.

Kata Kunci : Pemetaan, Kue Khas, Mojokerto

Mojokerto memiliki kue khas yang sangat terkenal yaitu Onde-Onde. Namun dibalik nama besar Mojokerto sebagai kota Onde-Onde, sebenarnya kue khas Mojokerto tidak hanya Onde-Onde. Dinas Pariwisata dan PKK Kota maupun Kabupaten Mojokerto belum mengidentifikasi dan memetakan kue khas di Mojokerto yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi atau tujuan wisata kuliner. Hal tersebut kemudian berdampak pada minimnya pengetahuan masyarakat mengenai berbagai macam kue khas di Mojokerto. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi berbagai macam kue khas, bahan baku, proses pengolahan kue khas Mojokerto, dan memetakan kue khas yang tersebar di berbagai wilayah Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sumber data primer diperoleh melalui observasi, wawancara langsung dengan informan. Sumber data sekunder diperoleh melalui foto dan dokumentasi. Informan untuk wawancara pada penelitian ini adalah 9 pengrajin atau pembuat kue khas Mojokerto, 2 pengusaha kue khas Mojokerto dan Dinas PKK Mojokerto.

 

Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Kue khas Mojokerto teridentifikasi dalam dua jenis yaitu kue basah dan kue kering, Kue basah terdiri dari Onde-Onde, Jenang Waluh, Lepet Jagung, dan Jenang Jagung. Kue kering terdiri dari Opak Ladu, Banjar, dan Sagon Ketan, sedangkan Rambak merupakan camilan khas Mojokerto; (2) Mayoritas bahan baku pokok kue khas Mojokerto adalah beras ketan, jagung, dan waluh karena bahan tersebut merupakan potensi alam yang terdapat di Mojokerto; (3) Proses pengolahan kue khas Mojokerto terdiri dari berbagai macam yaitu menguleni, merebus, mengukus, memanggang dan menggoreng; (4) Pemetaan kue khas Mojokerto terbagi pada 10 kecamatan yaitu Kecamatan Magersari, Jetis, Kemlagi, Dawar,  Gedeg, Pungging, Bangsal, Mojoanyar, Mojosari dan Gondang.