Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Layanan Di Duta Catering Service

APRILIA CHOIRINA IZZATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Izzati, Aprilia Choirina. 2016. Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Layanan Di Duta Catering Service. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. Soenar Soekopitojo, M.Si. (II) Laili Hidayati, S.Pd.,M.Si.

 

Kata Kunci: Persepsi Konsumen, Kualitas Layanan, Duta Catering Service

Persepsi konsumen adalah suatu proses yang timbul akibat adanya sensasi atau rangsangan yang dialami konsumen dalam menerima, menyeleksi dan menginterpretasi suatu produk. Kualitas layanan merupakan seberapa bagus mutu tingkat layanan yang diberikan mampu atau sesuai dengan harapan konsumen. Duta Catering Service merupakan salah satu industri yang bergerak dalam bidang jasa boga yang melayani pesanan makanan dan minuman dari jumlah kecil hingga jumlah besar. Duta Catering Service juga sangat memperhatikan kepuasan konsumen salah satunya dengan memberikan kualitas layanan yang terbaik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap reliabilitas, responsivitas, jaminan, empati dan bukti fisik dari layanan yang diberikan oleh Duta Catering Service kepada konsumen.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 konsumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan di Duta Catering Service didapatkan nilai keseluruhan dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata reliabilitas (4,50) sangat baik, responsivitas (4,35) sangat baik, jaminan (4,46) sangat baik, empati (4,47) sangat baik, dan bukti fisik (4,45) sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen dari lima sub variable menyatakan nilai tertinggi terdapat pada sub variable reliabilitas dan nilai terendah terdapat pada sub variable responsivitas.