Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU KERJA SISWA SMK MATA PELAJARAN SANITASI, HYGIENE, DAN KESELAMATAN KERJA KELAS X PAKET KEAHLIAN JASA BOGA (Berdasarkan Model Problem Based Learning dan Pendekatan Saintifik)

BELIA RATNA MUSLICHA

Abstrak


ABSTRAK

 

Muslicha, Belia Ratna. 2016. Pengembangan BukuKerja Siswa SMK Mata Pelajaran Sanitasi, Hygiene, Dan Keselamatan Kerja Kelas X Paket Keahlian Jasa Boga (Berdasarkan Model Problem Based Learning dan Pendekatan Saintifik). Skripsi, Jurusan Teknologi Industri Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Teti Setiawati, M.Pd., (II) Dr. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: buku kerja siswa, PBL, saintifik, mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja.

Pengembangan buku kerja siswa ini bertujuan untuk mengembangkan ulang bahan ajar yang telah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013 pada Mata Pelajaran Sanitasi, Hygiene, dan Keselamatan Kerja untuk kelas X Paket Keahlian Jasa Boga di SMK berdasarkan model problem based learning dan pendekatan saintifik yang memiliki kelayakan isi, penyajian,  dan bahasa. Model penelitian dan pengembangan buku kerja siswa ini menggunakan model penelitian deskriptif evaluative pada tahap penelitian pendahuluan dan model pengembangan Dick & Carey yang meliputi tahap persiapan untuk mengidentifikasi keterkaitan KI dan KD pada silabus, tahap pengembangan, yaitu penyusunan draf dan desain buku kerja siswa yang divalidasi oleh validasi ahli (ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa), dan tahap hasil penilaian hasil pengembangan yang melalui tiga tahap, yaitu one to one evaluation yang terdiri dari 3 orang peserta didik, small group evaluation yang terdiri dari 6 orang peserta didik, dan field trial evaluation yang terdiri dari 25 orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data hasil uji coba menggunakan angket uji produk. Data uji coba yang dihasilkan berupa data kuantitatif yang dihasilkan dari skor angket dan data kualitatif yang dihasilkan dari saran dan komentar responden. Analisis data yang digunakan untuk menghitung perolehan skor adalah persentase.

Hasil validasi materi menunjukkan bahwa buku kerja siswa sangat valid dan tidak revisi dengan persentase 92,5% dengan saran memperbaiki peta konsep, tata tulis, dan memperbaiki tujuan pembelajaran. Hasil validasi media menunjukkan bahwa buku kerja siswa sangat valid dan tidak revisi dengan persentase 94,55% dan saran mengganti gambar dengan resolusi tinggi. Hasil validasi bahasa menunjukkan bahwa buku kerja siswa sangat valid dan tidak perlu revisi dengan persentase 86,67% dan saran untuk memperbaiki tata tulis. Hasil uji one to one evaluation dengan persentase 90,67%. Hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 89,33%. Hasil uji coba kelompok