Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tingkat Penerimaan Makanan di Rumah Sakit Umum (RSU) Aminah Blitar

Arum Kusuma Astutie

Abstrak


ABSTRAK

 

Astutie, A.K. 2016. Tingkat Penerimaan Makanan di Rumah Sakit Umum (RSU) Aminah Blitar. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dra.Mazarina Devi.,M.Si, (II) AisyahLarasati, S.T., M.T., MIM., Ph.D.

 

Kata kunci : Penampilan, cita rasa, nafsu makan,penerimaan makanan.

Tingkat penerimaan makanan adalah perbandingan persentase makanan yang dikonsumsi oleh pasien dengan makanan yang dihidangkan di rumahsakit. Tingkat penerimaan makanan di rumah sakit bertujuan untuk mempercepat penyembuhan dan pemulihan kesehatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat penerimaan makanan dengan ketertarikan terhadap penampilan makanan, cita rasa makanan dan faktor internal (nafsu makan) pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum (RSU) Aminah Blitar.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, penelitian menggunakan rancangan penelitian cross sectional,data dikumpulkandengan carapurposive random sampling. Angket diberikan kepada 30 pasien untuk mengetahui pendapat tentang penampilan makanan, cita rasa makanan dan nafsu makan. Tingkat penerimaan makanan diperoleh dengan pengukuran secara visual setiap kali waktu makan (tiga kali waktu makan). Tingkat penerimaan makanan di Rumah Sakit Umum Aminah tinggi (78 %). Hasil ujiKorelasiSpearman Rank (rho) menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat penerimaan makanan dengan penampilan makanan (warna, bentuk,  tekstur atau konsistensi, besar porsi dan penyajian makanan) (rho = 0,64, p = 0,000).Cita rasa makanan (aroma, rasa dan kematangan) (rho = 0,713, p = 0,000). Nafsu makan pasien (rho = 0,947, p = 0,000). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkatpenerimaanmakanan berhubungan dengan penampilan makanan, cita rasa makanan dan nafsu makan. Bagian instalasi gizi di Rumah Sakit Umum Aminah Blitar diharapkan meningkatkan penampilan makanan dan cita rasa pada makanan yang dihidangkan kepada pasien. Meningkatkan penyuluhan kepada setiap keluarga pasien yang memiliki nafsu makan relatif rendah agar tingkat penerimaan makanan tinggi.