Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN BAURAN PRODUK DAN BAURAN HARGA PRODUK ES KRIM SUBSTITUSI DAGING IKAN KUNIRAN (Upeneus moluccensis Sp.)

Muhammad Farid Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, F, M. 2016. Perancangan Bauran Produk dan Bauran Harga Produk Es Krim Substitusi Daging Ikan Kuniran (Upeneus moluccensis Sp.). Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Laili Hidayati, S.Pd., M.Si., (II) Aisyah Larasati, ST., MT., MIM., Ph.D.

 

Kata Kunci : Ikan Kuniran, Es Krim, Bauran Produk, Bauran Harga

Es krim merupakan produk olahan susu yang berbentuk beku yang terbuat dari campuran bahan-bahan yang terdiri dari susu, susu skim, gula pasir, kuning telur dan CMC. Produk es krim yang dijual pada umumnya memiliki rasa seperti coklat, vanila dan strawberry. Substitusi daging ikan kuniran pada produk es krim bertujuan menambah inovasi rasa pada produk es krim dan meningkatkan nilai ekonomi ikan kuniran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui formulasi, mutu hedonik rasa, warna, tekstur, uji hedonik panelis terhadap warna, rasa, dan tekstur, serta merancang bauran produk dan bauran harga es krim substitusi daging ikan kuniran.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu kali pengulangan dengan 90 orang panelis. Panelis yang terlibat adalah mahasiswa dan konsumen. Analisis data menggunakan ANOVA dengan uji lanjut DMRT dan analisis descriptive. Parameter yang diamati meliputi uji hedonik (warna, rasa, tekstur), uji mutu hedonik (warna, rasa, tekstur), desain kemasan, serta harga dan ukuran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi daging ikan kuniran dengan persentase yang berbeda menyebabkan perbedaan yang signifikan terhadap hasil uji mutu hedonik rasa, warna dan tekstur es krim substitusi daging ikan kuniran. Perbedaan persentase substitusi daging ikan kuniran juga menyebabkan perbedaan  yang signifikan terhadap hasil uji hedonik tekstur, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil uji hedonik rasa dan warna. Hasil uji mutu hedonik rasa, warna dan tekstur terbaik diperoleh pada substitusi 1% daging ikan kuniran. Hasil uji hedonik tekstur terbaik diperoleh pada substitusi 1% daging ikan kuniran yang memiliki hasil rerata 4,47%. Hasil analisis bauran produk  untuk desain kemasan menunjukkan desain B paling disukai. Hasil analisis harga dan ukuran menunjukkan  kriteria harga dan ukuran A untuk harga jual per saji Rp 5.000/cup dengan ukuran cup 70 ml paling disukai oleh panelis.