Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kinerja Pramusaji dengan Kepuasan Konsumen di Restoran Skyroom Best Western OJ Hotel Malang

Rizka Dyah Adhaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Adhaningrum, Rizka Dyah. 2015. Hubungan Antara Kinerja Pramusaji dengan Kepuasan Konsumen di Restoran Skyroom Best Western OJ Hotel Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M. Pd., M. T, (II) Lismi Animatul Chisbiyah, S. Pd., M. Pd.

 

Kata Kunci : Hubungan, Kinerja Pramusaji, Kepuasan Konsumen

Pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel tidak hanya tempat untuk menginap tetapi juga berkaitan dengan memberikan pelayanan makanan dan minuman yang merupakan kebutuhan para tamu. Apabila kinerja pramusaji tidak memenuhi harapan konsumen maka konsumen akan merasa tidak puas dan begitu pula sebaliknya apabila kinerja pramusaji memenuhi harapan konsumen maka konsumen akan merasa puas.

Tujuan penelitian adalah untuk; (1) mendeskripsikan kinerja pramusaji di Restoran Skyroom; (2) mendeskripsikan konsumen dengan kinerja pramusaji di Restoran Skyroom; (3) mengungkap hubungan kinerja pramusaji dengan kepuasan konsumen di Restoran Skyroom; dan (4) mengungkap besar kontribusi kinerja pramusaji dengan kepuasan konsumen di Restoran Skyroom.  

Metode penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Variabel bebas yang digunakan adalah kinerja pramusaji sedangkan untuk variable terikat adalah kepuasan konsumen. Subjek atau responden dalam penelitian ini yaitu konsumen di Restoran Skyroom. Lokasi penelitian adalah Restoran Skyroom Best Western OJ Hotel Malang. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup. Analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi sederhana untuk mengetahui hubungan kinerja pramusaji dengan kepuasan konsumen dan mengetahui sumbangan efektif yang diberikan oleh kinerja pramusaji terhadap kepuasan konsumen di Restoran Skyroom. 

Hasil penelitian adalah (1) kinerja pramusaji dalam kategori sangat baik sebesar 77,54%; (2) kepuasan konsumen berada dalam kategori sangat puas sebesar 77,19%; (3) nilai koefisien regresi antara kinerja pramusaji dengan kepuasan konsumen adalah 0,658, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja pramusaji dengan kepuasan konsumen; dan (4) kontribusi yang diberikan oleh kinerja pramusaji terhadap kepuasan konsumen di Restoran Skyroom Best Western OJ Hotel Malang sebesar 43,3% sebagai sumbangan efektif.