Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN PPL II MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN TATA BOGA DI SMK TATA BOGA SE-MALANG RAYA

Nonny Aji Sunaryo

Abstrak


ABSTRAK

 

Sunaryo, Nonny Aji. 2015. Persepsi Guru Pamong terhadap Pelaksanaan PPL II Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga di SMK Tata Boga Se-MalangRaya.Program Studi S1Pendidikan Tata Boga,Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Dr. RinaRifqie Mariana, M.P.(2) Laili Hidayati, S.Pd., M.Si.

Kata kunci: Persepsi Guru Pamong, Pelaksanaan PPL II, Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga

Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) merupakan kegiatan praktik pembelajaran di sekolah latihan dengan tujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman riil/aktual.Pengalaman rill/aktual yang dimaksud terkait dengan perencanaan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, danpenilaian.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kuantitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru pamong pada (1)perencanaan pelaksanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; dan (3) penilaian yang dilaksanakan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner jenis tertutup. Objek penelitian menggunakan sampel total karena jumlah populasi kurang dari 100 yaitu Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga yang melaksanakan PPL II pada semester genap tahun ajaran 2014/2015sejumlah 61 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase (%).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran sebagian besar (77%) mahasiswa dalam klasifikasi baik; (2) Pelaksanaan pembelajaran sebagian besar (80%) mahasiswa dalam klasifikasi baik; dan (3) Penilaian sebagian besar (75%) mahasiswa dalam klasifikasi baik sebesar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa persepsi guru pamong terhadap pelaksanaan PPL II Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga di SMK Tata Boga se-Malang Raya adalah baik.

Berdasarkan penelitian saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi jurusan temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi jurusan untuk meningkatkan pembekalan agar pelaksanan PPL II semakin baik; (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menemukan variabel-variabel yang lebih variatif sehingga dapat menambah hasil penelitian tentang pelaksanaan PPL II; (3) Bagi mahasiswa diharapkan lebih meningkatkan kemampuan merencanakan pelaksanaan pembelajaran, melaksanaan pembelajaran dan penilaian, dengan cara banyak membaca sehingga memperluas dan memperdalam ilmu yang didapat diperkuliahan.