Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Filter Ekstrak Daun Lidah Mertua sebagai Bahan Catalytic Converter terhadap Kadar Emisi Gas Buang Karbonmonoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC) Motor Bensin 4 Tak

muhammad hamim wibisono

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibisono, Muhammad Hamim. 2014. Pengaruh Penggunaan Filter Ekstrak Daun Lidah Mertua sebagai Bahan Catalytic Converter terhadap Kadar Emisi Gas Buang Karbonmonoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC) Motor Bensin 4 Tak. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Widiyanti, M.Pd, (II) Drs. Sumarli, M.Pd., M.T.

 

Kata kunci: filter ekstrak daun lidah mertua, kadar emisi gas buang karbonmonoksida (CO) dan hidrokarbon (HC), sepeda motor

Udara bersih merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Di kota-kota besar Indonesia yang memiliki lalulintas kendaraan bermotor padat, kebutuhan udara bersih adalah masalah yang hingga kini terus mendapat perhatian. Berbagai upaya telah dilakukan oleh banyak pihak yang berkepentingan untuk membantu mengatasi masalah polusi udara dari kendaraan bermotor.

Tanaman lidah mertua merupakan salah satu tanaman yang memiliki kemampuan antipolusi yang baik, karena di dalam tiap helai daunnya terdapat senyawa aktif pregnane glycoside yang mampu menguraikan zat beracun menjadi senyawa asam organik, gula, dan beberapa senyawa asam amino. Tanaman ini dapat tumbuh subur dengan kondisi segala macam kondisi lingkungan. Oleh sebab itu penggunaan tanaman ekstrak daun lidah mertua sebagai bahan filter gas buang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam dunia otomotif khususnya dalam rangka menekan kadar emisi gas buang kendaraan bermotor.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui kadar emisi gas buang karbonmonoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) pada motor 4 tak yang tidak dipasang filter ekstrak daun lidah mertua (2) Untuk mengetahui kadar emisi gas buang karbonmonoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) pada motor 4 tak yang dipasang filter ekstrak daun lidah mertua (3) Untuk mengetahui perbedaan kandungan kadar gas karbonmonoksida (CO) antara motor 4 tak yang tidak dipasang filter ekstrak daun lidah mertua dengan yang dipasang filter ekstrak daun lidah mertua. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Obyek dalam penelitian ini adalah sepeda motor Suzuki New Smash 110cc yang diuji dengan tanpa beban. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis Paired Sample T Test dengan menggunakan program SPSS 17 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar emisi gas buang karbonmonoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) pada setiap variasi putaran yang dimulai dari putaran mesin idle hingga 4500 rpm dengan jarak antar variasi putaran sebesar 500 rpm. Persentase penyisihan kadar emisi gas buang karbonmonoksida (CO) terbaik terjadi pada putaran mesin 4500 rpm yaitu sebesar 35,5%. Persentase penyisihan kadar emisi gas buang hidrokarbon (HC) terbaik terjadi pada putaran mesin 3000 rpm yaitu sebesar 35,6%.

Dengan demikian dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh penggunaan filter ekstrak daun lidah mertua dengan mesin diberi beban pada saat pengujian.