Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KESIAPAN GURU PRODUKTIF JASA BOGA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMKN 3 MALANG

Dewi Masitha Kusfianti

Abstrak


ABSTRAK

Kusfianti, Dewi Masitha. 2014. Kesiapan Guru Produktif Jasa Boga dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMKN 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Rina Rifqie Mariana, M.P (II) Dra. Teti Setiawati, M.Pd

Kata Kunci: kesiapan guru, implementasi kurikulum, kurikulum 2013

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 ditinjau dari empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional di SMKN 3 Malang. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru produktif program keahlian tata boga di kelas X yang menerapkan Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, kuesioner, wawancara serta dokumentasi. Pedoman observasi merupakan instrumen untuk data primer, sedangkan angket, wawancara serta dokumentasi merupakan instrumen untuk data sekunder.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru produktif jasa boga dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMKN 3 Malang: (a) berdasarkan kompetensi pedagogik dikategorikan cukup siap dengan mean 3,03 dan dari 3 aspek yang diamati semua guru (100%) dinyatakan cukup siap; (b) berdasarkan kompetensi kepribadian dikategorikan siap dengan mean 3,27 dan dari 4 aspek yang diamati, sebagian guru (50%) dinyatakan siap sedangkan sebagian guru lainnya (50%) dinyatakan cukup siap; (c) berdasarkan kompetensi sosial dikategorikan cukup siap dengan mean 3,17 dan dari 3 aspek yang diamati, sebagian kecil guru (25%) dinyatakan siap dan sebagian besar guru (75%) dinyatakan cukup siap; (d) berdasarkan kompetensi profesional dikategorikan cukup siap dengan mean 3,14 dan dari 4 aspek yang diamati, sebagian kecil guru (25%) dinyatakan siap dan sebagian besar guru (75%) dinyatakan cukup siap.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru produktif Jasa Boga: (a) berdasarkan kompetensi pedagogik dikategorikan cukup siap; (b) berdasarkan kompetensi kepribadian dikategorikan siap; (c) berdasarkan kompetensi sosial dikategorikan cukup siap; (d) berdasarkan kompetensi profesional dikategorikan cukup siap. Guru diharapkan lebih banyak mengkaji kembali terkait penerapan Kurikulum 2013, mengembangkan metode pembelajaran yang digunakan, lebih tepat waktu dalam pembelajaran dan melengkapi instrumen penilaian sesuai aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan, serta mengaktifkan kegiatan MGMP sehingga efektif untuk wadah berbagi informasi lebih dalam terkait implementasi Kurikulum 2013. Sekolah diharapkan lebih meningkatkan kompetensi guru dengan mengadakan workshop terkait penyusunan perencanaan pembelajaran.