Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kondisi Higiene Sanitasi Makanan Jajanan Sekolah yang di Jual di Lingkungan Sekolah Dasar di Kota Malang

Siti Hanifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanifah, Siti. 2014. Analisis Kondisi Higiene Sanitasi Makanan Jajanan Sekolah yang di Jual di Lingkungan Sekolah Dasar di Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Amat Nyoto, M.Pd., (II) Dra. Nunung Nurjanah, M.kes.

 

Kata kunci: higiene , sanitasi, makanan jajanan

Kasus keracunan makanan jajanan sekolah banyak disebabkan oleh kurangnya pengetahuan penjual makanan jajanan tentang higiene sanitasi makanan. Makanan jajanan dapat tercemar oleh debu, lalat yang hinggap pada makanan maupun mikroba yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi higiene personal penjual makanan jajanan yang berada di luar sekolah, kondisi sanitasi tempat berjualan, dan kondisi sanitasi peralatan yang digunakan oleh penjual makanan jajanan di luar sekolah.

Penelitian deskriptif dengan metode survey ini dilakukan di 5 (lima) Sekolah Dasar di Kota Malang yaitu SDN Dinoyo I, SDN Madyopuro 6, SDN Tanjung I, SD Kartika 51, dan MIN Malang I. Objek dari penelitian penjual makanan jajanan dan 5 (lima) jenis makanan jajanan yang mencakup cilok, leker, batagor, pukis mini, dan es potong. Pengumpulan data menggunakan pengamatan langsung/observasi dan wawancara, sedangkan analisis data mengguanakan metode deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa higiene personal penjual makanan jajanan tidak memenuhi persyaratan higiene penjamah makanan. Kondisi sanitasi tempat berjualan sudah bersih. Peralatan yang digunakan berbahan plastik dan stainless steel. Penjual menggunakan kantong plastik sebagai kemasan untuk makanan jajanan. Maka dari penelitian ini disarankan agar anak usia Sekolah Dasar lebih memperhatikan kebersihan dan kandungan gizi makanan jajanan sekolah.