Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Konsumsi Makanan dengan Status Gizi Lansia di Kota Malang (Studi Kasus di Kelurahan Tanjungrejo Kota Malang)

Ita Widyaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Widyaningsih, Ita. 2014. Hubungan Konsumsi Makanan dengan Status Gizi Lansia di Kota Malang (Studi Kasus di Kelurahan Tanjungrejo Kota Malang). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Jurusan Teknologi Industri, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Mazarina Devi, M.Si, (II) Laili Hidayati, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Konsumsi Makanan, Status Gizi, Lansia

 

Peningkatan jumlah lansia terjadi akibat dari meningkatnya umur harapan hidup manusia yang merupakan dampak positif dari keberhasilan pembangunan nasional, khususnya di bidang kesehatan. Kesehatan lansia dapat tercapai apabila mempunyai tingkat konsumsi makan yang baik.

Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi karakteristik lansia, mengamati status gizi lansia, menganalisis konsumsi makanan lansia, dan menganalisis hubungan konsumsi makanan dengan status gizi lansia di Kelurahan Tanjungrejo Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional yang dilakukan di Kelurahan Tanjungrejo Kota Malang dengan sampel 94 lansia yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data konsumsi makanan diperoleh dengan menggunakan instrumen food recall 2x24 jam, sedangkan data status gizi diperoleh dengan menggunakan indeks antrophometri yaitu BB/TB.    Analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan konsumsi makanan dan status gizi adalah menggunakan korelasi rank spearman.   

Berdasarkan analisis data tingkat konsumsi energi lansia di Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang termasuk dalam kategori kurang. Hal ini terbukti dengan persentase 62%  lansia mempunyai konsumsi makan kurang dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan. Sebagian besar status gizi lansia di Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang adalah berstatus gizi tidak normal. Persentase status gizi lansia di Kelurahan Tanjungrejo Kota Malang adalah 45% lansia berstatus gizi normal, dan 55% lansia berstatus gizi kurus dan obesitas. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara konsumsi makanan dengan status gizi pada lansia di Kelurahan Tanjungrejo Kota Malang.