Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Bauran Pemasaran pada Mie Jogja Pak Karso Malang

Kartika Maharani Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Maharani Dewi, Kartika. 2014. Analisis Bauran Pemasaran pada Mie Jogja Pak Karso Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Aisyah Larasati S.T, M.T, MIM, Ph.D, (II) Lismi Animatul Chisbiyah, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Mie Jogja Pak Karso, Bauran Pemasaran

Mie Jogja Pak Karso merupakan usaha yang bergerak pada bidang pengelolaan makanan dan minuman. Mie Jogja Pak Karso merupakan usaha jasa boga yang mampu bertahan dan memiliki daya saing tinggi dan telah menerapkan bauran pemasaran yang meliputi bauran produk, bauran harga, bauran tempat, dan bauran promosi. Fokus penelitian ini antara lain: 1) analisis bauran produk yang meliputi pelayanan, pelengkap makanan, jenis produk, hasil analisis sensori deskriptif, dan porsi produk; 2) analisis bauran harga yang meliputi strategi penetapan harga; 3) analisis bauran tempat yang meliputi layout dapur, konsep tata ruang area pelayanan dan proses pengolahan produk; dan 4) analisis bauran promosi yang meliputi strategi promosi, media promosi, dan sasaran promosi.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pada konsumen belum semuanya memenuhi prosedur pelayanan konsumen. Pelengkap makanan pada Mie Jogja Pak Karso berupa acar, sambal, saus tomat, dan kecap. Jenis produk yang ditawarkan cukup bervariasi. Hasil analisis sensori deskriptif produk makanan pada Mie Jogja Pak Karso rasa relatif sama yaitu cenderung manis dan gurih, warna coklat, dan tekstur mi, bihun, dan kwetiau  kenyal pada produk mi goreng, mi godhog, bihun goreng, bihun godhog, kwetiau, dan ifumie. Tekstur nasi pada nasi goreng masih keras dan berbutir. Sedangkan produk minuman pada Mie Jogja Pak Karso kriteria rasa terlalu manis, konsistensi kurang sesuai dan warna relatif pucat.

Proses pengolahan sudah menggunakan resep standar sehingga diperoleh standar porsi yang sama. Setiap produk makanan memiliki berat rata-rata berkisar 250 gr. Strategi penetapan harga produk dengan metode cost based pricing. Tata ruang letak Mie Jogja Pak Karso yaitu berbentuk pulau (island), konsep dapur adalah open kitchen. Area pelayanan pada Mie Jogja Pak Karso semi terbuka dan konsep klasik batu-batuan dibuat seolah-olah seperti di Jogja. Strategi promosi yang dilakukan adalah dengan memberi diskon. Media promosi yang digunakan adalah koran, TV lokal, door to door, dan brosur. Media promosi yang paling sering digunakan adalah brosur. Sasaran promosi pada Mie Jogja Pak Karso adalah mahasiswa dan pegawai kantor.