Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Substitusi Modiffied Cassava Flour (MOCAF), Pada Terigu Terhadap Sifat Fisikokimia dan Organoleptik Mi Kering.

Rizki A.W Andrik

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizki A.W, Andrik. 2014. Kontrol Arah Dan Kecepatan Motor DC Menggunakan Android . Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro. Program Studi D3 Teknik Elektronika, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hakkun Elmunsyah, M.T. (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

 

Kata Kunci : : Trainer, Kontrol, Arah dan Kecepatan Motor DC, Android.

Perkembangan teknologi saat ini mendorong manusia untuk terus berpikir kreatif, tidak hanya menemukan penemuan-penemuan baru, tapi juga memaksimalkan sebuah sistem yang telah ada. Dengan demikian kebutuhan manusia tentang sistem kontrol yang memudahkan setiap pekerjaanya setiap tahun semakin berkembang. Sistem kontrol secara wireless sangat diminati karena pemakaianya lebih efisien dan praktis. Bluetooth contohnya dalam hal efisiensi Bluetooth sangat diminati karena harga yang murah dan cara pemakaian yang relatif gampang. Dalam hal ini kemajuan teknologi dan sistem kontrol secara wireless dapat dipadukan yang tentunya akan tercipta suatu sistem yang lebih efisien dan praktis tentunya dapat lebih memudahkan pekerjaan manusia.

Motor DC harus dapat di kontrol arah dan kecepatanya agar sebuah sistem yang dirancang dapat berjalan seperti yang diinginkan, Suatu contoh untuk menggerakkan pintu rumah yang digerakkan oleh Motor DC kecepatan putaran Motor berpengaruh terhadap halus tidaknya pergerakan pintu dan arah putar Motor berfungsi untuk menutup dan membuka pintu. Perancangan trainer kontrol arah dan kecepatan Motor DC menggunakan Android dimana kendali wireless yang digunakan adalah Bluetooth tediri dari beberapa tahapan yaitu: (1) Study literatur, (2) Proses perancangan, (3) Pembuatan alat, (4) Pengujian rangkaian per blok diagram, (5) pengujian keseluruhan, (6) Hasil pengujian. Trainer yang dikembangkan menggunakan Mikrokontroler ATmega16 sebagai tempat pemprosesan semua Input/ Output terjadi, modul Bluetooth HC-05 sebagai jalur komunikasi antara smartphone dan sistem yang dirancang, Driver Motor L298 berfungsi untuk mengatur putaran Motor DC agar dapat di ubah arah dan kecepatan dari Motor DC dan aplikasi yang terpasang pada smartphone Android sebagai remote kontrol dari sistem ini.

Uji kinerja rancangan diketahui bahwa: (a) Minimum sistem ATmega16 berfungsi dengan baik yang telah diuji dengan cara menguji PORT ATmega16 sebagai Input/ Output; (b) Driver Motor L298 berfungsi dengan baik yang di uji dengan cara memberikan sinyal PWM yang dibangkitkan dari mikrokontroler; (c) Modul Bluetooth HC-05 berfungsi dengan baik yang di uji dengan cara menghubungkan Modul Bluetooth, mikrokontroler, Android dan LCD sebagai penampil data yang di terima dari Android; (d) Pengujian Program di CVAVR; (e) pengujian rangkaian kontrol arah dan kecepatan Motor DC menggunakan Android. Dengan demikian trainer yang dibuat dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan perancangan.