Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Teknik Pengolahan Makanan Oriental. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

Nurma Qurrota A'yun

Abstrak


ABSTRAK

 

A’yun, Nurma Qurrota. 2014. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Teknik Pengolahan Makanan Oriental. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Aisyah Larasati, Ph.D. (II) Dra. Rini Sudjarwati, M.Pd

 

Kata Kunci: Suplemen Bahan Ajar, Teknik Pengolahan Makanan Oriental, Dick dan Carey.

Mata kuliah Teknik Pengolahan Makanan Oriental mencakup ciri khas makanan oriental dan pengetahuan bahan-bahan makanan yang tersedia di negara-negara yang terletak di wilayah Asia, khususnya wilayah Asia Timur. Suplemen bahan ajar mampu membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk belajar secara mandiri dan mengurangi ketergantungan mahasiswa terhadap kehadiran dosen. Penelitan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan suplemen bahan ajar mata kuliah Teknik Pengolahan Makanan Oriental khususnya wilayah Asia Timur untuk mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang dan mengetahui kelayakannya.

Suplemen bahan ajar yang dikembangkan terdiri dari: (1) halaman sampul, (2) kata pengantar, (3) daftar isi, (4) bab pendahuluan, (5) bab pembelajaran, (6) evaluasi, (7) penutup, (8) daftar pustaka dan (9) glosarium. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick dan Carey yang menggunakan 10 tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan dan tujuan, (2) analisis pembelajaran, (3) analisis peserta didik dan konteks, (4) merumuskan tujuan performansi, (5) mengembangkan instrumen assessment, (6) pengembangan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) merancang dan melakukan penilaian formatif, (9) melakukan revisi dan (10) merancang dan melakukan evaluasi produk. Proses validasi dilaksanakan oleh validator ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Serta diujicobakan kepada mahasiswa dengan cara uji coba secara perseorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Validasi ahli ditujukan untuk mengukur kelayakan materi yang terdapat dalam media tersebut, kelayakan media yang dikembangkan serta kelayakan bahasa yang digunakan. Validasi menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Hasil analisa digunakan untuk menentukan kelayakan media sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan.

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh persentase hasil validasi ahli materi sebesar 93%, ahli media 94% dan ahli bahasa 95%. Hasil uji coba secara perseorangan 86%, uji coba kelompok kecil 93%, uji coba lapangan 92%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba lapangan tentang penggunaan bahan ajar sudah memenuhi kriteria valid dan secara keseluruhan dinyatakan layak. Suplemen bahan ajar yang dikembangkan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran pada mata kuliah Teknik Pengolahan Makanan Oriental.