Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Ensiklopedia Bidang Boga Berbasis Multimedia

Aini Nur Hasanah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: pengembangan, ensiklopedia, boga, multimedia

Ensiklopedi bidang boga digunakan sebagai pengantar materi ilmu boga dan sangat diperlukan untuk dapat menuntun dan membantu dalam memahami materi boga. Seiring dengan perkembangan teknologi mendorong upaya pembaharuan yang mengarah ke tampilan visual yakni multimedia, dengan diintegrasikan unsur multimedia diharapkan dapat memberikan nilai tambah pada ensiklopedia bidang boga yang dikembangkan.

Tujuan pengembangan ini, yaitu: 1) mengembangkan produk berupa ensiklopedia bidang boga berbasis multimedia yang dapat digunakan sebagai referensi dan bahan pengayaan; 2) menghasilkan produk berupa software ensiklopedia bidang boga yang telah tervalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Penelitian dan pengembangan yang digunakan mengadaptasi model pengembangan Sugiyono. Validasi produk dilakukan dengan melibatkan empat orang ahli materi, satu orang ahli media, dan dua orang ahli bahasa. Uji coba produk melibatkan 12 siswa, yakni SMKN 3 Malang sebanyak 4 siswa, SMKN 2 Malang sebanyak 4 siswa, dan SMK Kartika IV-1 Malang sebanyak 4 siswa. Uji coba pemakaian melibatkan 21 siswa, yakni SMKN 3 Malang sebanyak 7 siswa, SMKN 2 Malang sebanyak 7 siswa, dan SMK Kartika IV-1 Malang sebanyak 7 siswa.

Hasil uji kelayakan ensiklopedia dari aspek materi mendapatkan skor 79,17%, produk tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Hasil uji kelayakan ensiklopedia dari aspek media mendapatkan skor 86,11%, produk tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Hasil uji kelayakan ensiklopedia dari aspek bahasa mendapatkan skor 78,13%, produk tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Hasil uji coba produk mendapatkan skor 92,71% dan hasil uji coba pemakaian mendapatkan skor 93,75%, berdasarkan kriteria kelayakan produk diketahui bahwa ensiklopedia bidang boga berbasis multimedia tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan.

Saran bagi peneliti selanjutnya adalah 1) mengembangkan ensiklopedia bidang boga berbasis multimedia dengan materi pokok bahasan yang lain; 2) diharapkan menambahkan audio dan video sehingga menghasilkan produk ensiklopedia yang komprehensif.