Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Daun Beluntas (Pluchea indica Less) Sebagai Hard Candy

Trisia Arini

Abstrak


ABSTRAK

 

Arini, Trisia. 2014. Pemanfaatan Daun Beluntas (Plucchea indica Less) Sebagai Hard Candy. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Mazarina Devi, M.Si, (II) Laili Hidayati, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: Daun Beluntas, Hard Candy, Flavonol

Tanaman Beluntas (Pluchea indica Less) merupakan tanaman semak yang yang mudah ditanam dan memiliki kandungan gizi yang baik. Kandungan beluntas antara lain flavonoid, minyak atsiri, tannin, kalsium dan fosfor.

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan formula yang tepat,  mengetahui kandungan air pada hard candy beluntas dan kandungan flavonol pada hard candy beluntas serta mutu hedonik dan kesukaan pada hard candy beluntas.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan formula hard candy yaitu konsentrasi ekstrak daun beluntas yang berbeda 15cc, 25cc dan 35cc dengan dua kali pengulangan.

Formula hard candy beluntas yang tepat terdapat pada formula dengan konsentrasi ekstrak beluntas 15cc karena memiliki rasa yang cukup manis dan beraroma khas daun beluntas. Uji mutu hedonik terhadap rasa dan warna hard candy beluntas terdapat perbedaan dan rata-rata tertinggi terdapat pada formula dengan konsentrasi ekstrak beluntas 15cc, sedangkan terhadap tekstur hard candy beluntas tidak terdapat perbedaan. Uji kesukaan terhadap warna hard candy beluntas terdapat perbedaan, dan rata-rata tertinggi terdapat pada formula dengan konsentrasi ekstrak beluntas 15cc, sedangkan terhadap rasa dan tekstur hard candy beluntas tidak terdapat perbedaan. Rata-rata tertinggi terhadap uji kesukaan rasa hard candy beluntas terdapat pada formula dengan konsentrasi ekstrak beluntas 25cc.  Rata-rata tertinggi terhadap uji kesukaan tekstur hard candy beluntas terdapat pada formula dengan konsentrasi ekstrak beluntas 15cc. Kandungan air pada hard candy beluntas yang paling baik terdapat pada formula dengan konsentrasi ekstrak beluntas 15cc (1,55%).  Kandungan flavonol pada hard candy beluntas yang paling tinggi terdapat pada formula dengan konsentrasi ekstrak beluntas 35cc (205,276 mg/kg). Kandungan flavonol daun beluntas sebesar 37785,74 mg/kg dan ekstrak daun beluntas sebesar 888,71 mg/kg.