Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Inovasi Kerupuk Kerang Darah (Anadara Granosa), Kerang Hijau (Mytilus Viridia L), Kerang Kapak (Ordo Ostreoida) sebagai salah satu alternatif produk makanan jajanan anak sekolah yang bergizi

diana Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Diana. 2013. Inovasi Kerupuk Kerang Darah (Anadara Granosa), Kerang Hijau (Mytilus Viridia L), Kerang Kapak (Ordo Ostreoida) Sebagai Salah Satu Alternatif Produk Makanan Jajanan Anak Sekolah Yang Bergizi. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Ir. Ummi Rohajatien, M.P (2) Dra. Rini Sudjarwarti, M.Pd

 

Kata kunci : makanan jajanan, daging kerang, anak sekolah

Kerang adalah binatang lunak (Mollusca) yang hidup dilaut, bercangkang dua. Insangnya berlapis-lapis dan berkaki simping serta memiliki benang byssus kerang merupakan salah satu hasil perikanan yang mempunyai nilai gizi yang baik dan dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan protein hewani.Pada penelitihan ini eksprerimen yaitu pada membuat kerupuk berbahan dasar daging kerang dengan persentase berbeda serta menganalisis kandungan protein pada setiap perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah Duncan’s Multiple Range Test, teknik analisis yang digunakan untuk melihat kandungan protein yaitu melalui uji laboratorium dan dilanjutkan dengan analisis Anova Ral Pola Tersarang.

Hasil uji mutu hedonik menunjukkan adanya perbedaan warna tekstur pada kerupuk daging kerang darah 15%, 20% dan 25% sedangkan pada rasa dan warna adanya perbedaan daging kerang darah 15% 20% dan 25%, sedangkan pada kerupuk daging kerang kapak 15%, 20% dan 25% tidak terdapat perbedaan aroma, rasa tekstur sedangkan pada kerupuk daging kerang kapak terdapat perbedaan warna.Kerupuk daging kerang hijau 15%, 20% dan 25% tidak terdapat perbedaan warna aroma, dan adanya perbedaan pada rasa dan tekstur pada kerupuk daging kerang hijau. Warna, aroma tekstur dan rasa kerupuk daging kerang yang paling banyak disukai panelis adalah kerupuk daging kerang darah 15%, sedangkan warna, aroma, tekstur dan rasa kerupuk daging kerang yang paling disukai panelis adalah daging kerang kapak 25%, dan sedangkan warna, aroma , tekstur dan rasa kerupuk daging kerang hijau yang paling disukai panelis adalah 15%.

Hasil analisis kandungan protein kerupuk daging kerang menunjukkan penggunaan pada kerupuk daging kerang kapak 25% memiliki kandungan protein yang paling tinggi yaitu 5,88% per100 gram dibandingkan kerupuk daging kerang yang lain dan kandungan protein terendah pada kerupuk daging kerang darah 15% memiliki kandungan 1,80% per100 gram.