Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi tentang Pengelolaan Sarana dan Prasarana Teaching Factory pada Program Keahlian Jasa Boga di SMK Negeri 1 Batu

Dwi Marinda

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Marinda, Dwi. 2013. Studi tentang Pengelolaan Sarana dan Prasarana Teaching Factory pada Program Keahlian Jasa Boga di SMK Negeri 1 Batu. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Teti Setiawati, M.Pd., (II) Laili Hidayati, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: sarana dan prasarana, pengelolaan, teaching factory

 

Teaching factory merupakan kegiatan pembelajaran kewirausahaan, siswa secara langsung melakukan kegiatan produksi baik berupa barang atau jasa di dalam lingkungan pendidikan sekolah. Teaching factory jasa boga di SMK Negeri 1 Batu merupakan program pembelajaran kewirausahaan dalam bidang pastry dan bakery yang dikelola oleh guru jasa boga dan siswa kelas X Program Keahlian Jasa Boga. Ruang yang digunakan dalam kegiatan teaching factory yaitu laboratorium patiseri yang terdiri dari ruang praktik dapur kue basah, ruang praktik dapur kue kering, dan ruang pengemasan produk. Sarana dan prasarana yang memadai serta pengelolaan sarana dan prasarana teaching factory yang baik adalah unsur yang penting dalam berlangsungnya kegiatan teaching factory.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji sarana teaching factory, prasarana teaching factory, dan pengelolaan sarana dan prasarana teaching factory dari segi perencanaan, pengorganisasian, penggunaan, pengawasan, dan perawatan. Populasi dalam penelitian ini adalah teaching factory dan pengelola teaching factory yaitu guru jasa boga berjumlah 8 guru dan siswa kelas X Program Keahlian Jasa Boga berjumlah 84 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling aksidental dan 6 kali pengamatan. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 6 guru dan 12 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi non partisipan dan menggunakan instrumen check list. Analisis data menggunakan perhitungan mean dari setiap aspek yang diamati sehingga diketahui kategori setiap sub variabel.

Hasil penelitian menunjukkan sarana teaching factory  mendapat skor rata-rata 2,87 dengan kategori cukup standar. Prasarana teaching factory mendapat skor rata-rata 4 dengan kategori standar. Pengelolaan sarana dan prasarana teaching factory dari segi perencanaan mendapat skor rata-rata 3,33 dengan kategori standar. Pengelolaan sarana dan prasarana teaching factory dari segi pengorganisasian mendapat skor rata-rata 2,90 dengan kategori cukup standar. Pengelolaan sarana dan prasarana dari segi penggunaan mendapat skor rata-rata 3,36 dengan kategori standar. Pengelolaan sarana dan prasarana teaching factory dari segi pengawasan mendapat skor rata-rata 3,54 dengan kategori standar. Pengelolaan sarana dan prasarana teaching factory dari segi perawatan mendapat skor rata-rata 1,73 dengan kategori tidak standar. Secara umum, pengelolaan sarana dan prasarana teaching factory jasa boga di SMK Negeri 1 Batu mendapat skor rata-rata 2,97 dengan kategori cukup standar.