Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI CARA PRODUKSI MAKANAN YANG BAIK (CPMB) PADA PROSES PENGOLAHAN MAKANAN DI UNIT PRODUKSI "CAFE GAUL" SMK NEGERI 3 MALANG

AFIF RAHMAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Afif. 2013. Implementasi Cara Produksi Makanan yang Baik

(CPMB) Pada Proses Pengolahan Makanan di Unit Produksi “Café Gaul” SMK Negeri 3 Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Teti Setiawati, M.Pd., (II) Lismi Animatul Chisbiyah, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: CPMB, Café Gaul SMK Negeri 3 Malang

Cara Produksi Makanan yang Baik (CPMB), merupakan pedoman cara memproduksi makanan dengan tujuan agar makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi. CPMB selayaknya diterapkan pada seluruh industri pangan. CPMB akan mempengaruhi hasil makanan yang diproduksi, dari pengolahan yang baik maka hasilnya akan baik. Café Gaul merupakan salah satu unit produksi di SMK Negeri 3 Malang yang menjadi tempat praktek siswa jurusan boga SMK Negeri 3 Malang. Café Gaul sebagai tempat pengenalan dunia industri selayaknya menerapkan CPMB agar makanan yang diproduksi aman dan memberikan bekal pengetahuan dalam pengolahan makanan terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi CPMB yang meliputi penggunaan bahan makanan, tempat penyimpanan bahan makanan, teknik pengolahan makanan, peralatan, mise en place, dan higiene sanitasi pengolah makanan di Café Gaul.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel dengan jumlah 3 orang yang terdiri dari 2 orang cook dan 1 orang cook helper. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan penggunaan bahan makanan di Café Gaul dikategorikan standar dengan skor rata-rata 3,76. Kondisi tempat penyimpanan dikategorikan standar dengan skor rata-rata 4. Teknik pengolahan makanan dikategorikan standar dengan skor rata-rata 4. Kondisi peralatan dikategorikan standar dengan skor 3,91. Mise en place dikategorikan standar dengan skor 3,6 dan higiene sanitasi pengolah makanan dikategorikan cukup standar dengan skor 3,22. Secara umum, implementasi CPMB pada proses pengolahan makanan di Café Gaul dikategorikan standar dengan skor 3,75. CPMB berkaitan erat dengan higiene sanitasi pengolah makanan, sehingga hendaknya para pengolah makanan dapat lebih meningkatkan tentang higiene sanitasi mulai dari pelindung tangan, pakaian kerja dan kebersihan diri.