Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PELAKSANAAN HIGIENE SANITASI PADA MAKANAN JAJANANAN (STREET FOOD) DI DAPUR BAMBU SUDIRO KOTA BATU

DEVI ARINDA WIJAYANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijayanti, Devi Arinda. 2013. Pelaksanaan Higiene Sanitasi pada Makanan Jajanan (Street Food) di Dapur Bambu Sudiro Kota Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. (I) Dra. Nunung Nurjanah, M. Kes. (II) Drs. Made Wena, M. Pd. M. T.  

 

Kata kunci: higiene sanitasi, makanan jajanan (street food), Dapur Bambu Sudiro, Kota Batu

 

Pelaksanaan higiene sanitasi pada makanan jajanan (street food) merupakan usaha yang paling tepat untuk melindungi makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang kesesuaian pelaksanaan higiene sanitasi makanan jajanan (street food) pada penjamah makanan, peralatan, air, bahan makanan, bahan tambahan, dan penyajian, sarana penjaja, dan sentra pedagang di Dapur Bambu Sudiro Kota Batu.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Obyek penelitian meliputi 16 penjamah makanan dan lokasi di Dapur Bambu Sudiro Kota Batu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) pelaksanaan higiene sanitasi makanan jajanan (street food) pada penjamah makanan di Dapur Bambu Sudiro Kota Batu cukup sesuai (65,62%) dengan persyaratan higiene sanitasi yang berlaku; 2) pelaksanaan higiene sanitasi makanan jajanan (street food) pada peralatan di Dapur Bambu Sudiro Kota Batu sesuai (95,31%) dengan persyaratan higiene sanitasi yang berlaku; 3) pelaksanaan higiene sanitasi makanan jajanan (street food) meliputi air, bahan makanan, bahan tambahan, dan penyajian di Dapur Bambu Sudiro Kota Batu sesuai (79,68%) dengan persyaratan higiene sanitasi yang berlaku; 4) pelaksanaan higiene sanitasi makanan jajanan (street food) pada sarana penjaja di Dapur Bambu Sudiro Kota Batu cukup sesuai (75%) dengan persyaratan higiene sanitasi yang berlaku; dan 5) pelaksanaan higiene sanitasi makanan jajanan (street food) pada sentra pedagang di Dapur Bambu Sudiro Kota Batu sesuai (100%) dengan persyaratan higiene sanitasi yang berlaku.

Pelaksanaan higiene sanitasi pada makanan jajanan (street food) di Dapur Bambu Sudiro Kota Batu yang sesuai dengan persyaratan higiene sanitasi yang berlaku meliputi peralatan, air, bahan makanan, bahan tambahan, penyajian, dan sentra pedagang. Pelaksanaan higiene sanitasi pada makanan jajanan (street food) di Dapur Bambu Sudiro Kota Batu yang cukup sesuai dengan persyaratan higiene sanitasi yang berlaku meliputi penjamah makanan dan sarana penjaja. Pemilik stand dan pengelola disarankan untuk terus meningkatkan pelaksanaan higiene dan sanitasi makanan. Dinas Kesehatan setempat disarankan memberikan pelatihan dan penyuluhan tentang higiene sanitasi untuk keamanan pangan dan mencegah keracunan makanan di Dapur Bambu Sudiro Kota Batu.