Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KAJIAN KUALIFIKASI TEMPAT PRAKTIK INDUSTRI SEBAGAI MITRA KERJASAMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BOGA JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

NURUL FARIDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Farida, Nurul. 2013. Kajian Kualifikasi Tempat Praktik Industri Sebagai Mitra Kerjasama Program Studi Pendidikan Tata Boga Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang. Skripsi.  Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra.Wiwik Wahyuni M.Pd, (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T

 

Kata Kunci: Kualifikasi, Tempat Praktik Industri, Jurusan Teknologi Industri

 

Praktik industri (PI) merupakan salah satu matakuliah intrakurikuler yang termasuk dalam matakuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Non Kependidikan. Perusahaan atau industri yang dijadikan mitra harus sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh kampus, dan tidak semua DU/DI yang berlatar usaha jasa boga dapat dijadikan tempat untuk melaksanakan praktik, oleh karena itu terdapat beberapa kriteria untuk mengklasifikasikan beberapa DU/DI yang telah ada. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai kualifikasi tempat yang menjadi mitra kerjasama jurusan Teknologi Industri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendenskripsikan kesesuaian kualifikasi tempat PI yang menjadi mitra kerjasama Jurusan Teknologi Industri dengan Pedoman PI.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa paparan data hasil wawancara dengan mahasiswa Prodi D3 Tata Boga angkatan 2010 dan 2011, serta S1 Pendidikan Tata Boga 2009 dan 2010, serta dokumen dari Jurusan Teknologi Industri.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan studi dokumen. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument manusia, yaitu peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi, sedangkan untuk mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Sebagian besar jumlah peserta PI mulai dari periode semester gasal 2008 hingga semester gasal 2012 sudah sesuai dengan pedoman PI Jurusan Teknologi Industri, namun terdapat beberapa tempat yang menerima jumlah peserta melebihi dari jumlah yang ditetapkan oleh jurusan karena hal tersebut disesuaikan dengan permintaan dari pihak DU/DI (2) Sebagian besar tempat yang menjadi mitra kerjasama PI jurusan Teknologi Industri sudah sesuai dengan pedoman PI. (3) Gambaran umum DU/DI yang menjadi mitra kerjasama Jurusan TI sebagian besar baik dan layak untuk dijadikan mitra kerjasama pada program PI. (4) Kegiatan mahasiswa selama PI sudah sesuai dengan harapan jurusan Teknologi Industri.