Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Pengembangan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Program Produktif (Studi Kasus pada Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMKN 3 Malang)

Candranila Windivindasari

Abstrak


 

 

ABSTRAK

 

Windivindasari, Candranila. 2013. Implementasi Pengembangan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Program Produktif (Studi Kasus pada Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMKN 3 Malang). Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd; (II) Dra. Rini Sudjarwati, M.Pd.

 

Kata Kunci: implementasi pengembangan karakter, pendidikan karakter, pembelajaran, SMKN 3 Malang

Latar belakang implementasi pendidikan karakter antara lain: (1) mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, (2) salah satu pemasalahan yang dihadapi dunia pendidikan dewasa ini adalah perilaku menyimpang kalangan pelajar, (3) pendidikan merupakan usaha yang bersifat proaktif, preventif dan berlangsung secara terus menerus. Kajian ini dilakukan untuk mengetahui jawaban dari beberapa rumusan masalah berikut: (1) karakter apa sajakah yang dikembangkan, (2) penyusunan rancangan proses pembelajaran (silabus dan RPP) yang mengintgrasikan nilai karakter yang telah dikembangkan, (3) kegiatan pembelajaran program produktif yang menunjukkan pengembangan karakter siswa, (4) evaluasi karakter siswa yang telah dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data penelitian berupa perilaku instruksional yang menunjukkan adanya pengembangan karakter siswa dalam kegiatan pembelajaran program produktif di Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMKN 3 Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumen serta peneliti sebagai instrumen penelitian. Keabsahan data didukung oleh kegiatan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Karakter yang dikembangkan oleh guru Kompetensi Keahlian Jasa Boga melalui pembelajaran program produktif sebanyak 16 nilai karakter, namun terdapat 4  nilai karakter yang banyak dicantumkan dalam RPP dan silabus serta lebih ditekankan pengembangannya dalam kegiatan pembelajaran, yaitu mandiri, tanggung jawab, kreatif, dan percaya diri. Guru Kompetensi Keahlian Jasa Boga dalam menyusun rancangan proses pembelajaran program produktif dengan mengintegrasikan nilai karakter yang dikembangkan dalam silabus yang termuat dalam indikator dan kegiatan pembelajaran, sedangkan dalam RPP termuat dalam tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian. Pendidikan karakter yang berkenaan dengan pengembangan karakter dalam kegiatan pembelajaran merupakan pendidikan berupa tindakan secara langsung (action) yang dilakukan oleh guru dan siswa sesuai situasi dan kondisi aktual di dalam kelas. Evaluasi karakter siswa menggunakan intrumen observasi karakter siswa yang dilakukan secara observasi/pengamatan.