Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pembelajaran Mengolah Makanan Kontinental untuk Siswa SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Jasa Boga

Ulfatur Rahmah Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Ulfatur Rahmah. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Mengolah Makanan Kontinental untuk Siswa SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Jasa Boga. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Amat Nyoto, M.Pd., (II) Dra. Nunung Nurjanah, M.Kes.

 

Kata Kunci: modul pembelajaran, mengolah makanan kontinental, SMK, jasaboga

Modul pembelajaran merupakan paket pengajaran lengkap yang di dalamnya memuat tujuan belajar dan terdiri dari serangkaian kegiatan belajar yang direncanakan dan sistematis, serta dilengkapi petunjuk-petunjuk atau pedoman yang dikemas secara tertulis untuk dipelajari secara perorangan/mandiri oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran mengolah makanan kontinental yang memiliki tingkat kemenarikan, kemudahan, keefektifan dan efisiensi yang layak sebagai modul pembelajaran pada mata pelajaran mengolah makanan kontinental di SMK Kartika Malang.

Langkah-langkah dalam pengembangan modul pembelajaran, yaitu

(1) pre design stage, (2) design stage, (3) post design stage. Validasi modul pembelajaran mengolah makanan kontinental dilakukan ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli bahasa Indonesia. Uji coba kelompok kecil dilakukan kepada siswa kelas XI jasa boga di SMK Kartika Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian research & development. Data penelitian berupa data verbal dan numerik. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penilaian produk pengembangan ini berupa instrumen penilaian dan pedoman wawancara bebas. Analisis data dimulai dari tahap validasi oleh ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan bahasa Indonesia lalu diuji cobakan pada kelompok kecil yaitu siswa SMK Kartika Malang. Tingkat kemenarikan modul pembelajaran dengan nilai rata-rata 92,3%, tingkat kemudahan diperoleh nilai rata-rata 83,8%, tingkat keefektifan diperoleh nilai rata-rata 92,5% dan tingkat efisiensi modul pembelajaran mengolah makanan kontinental dilihat dari kecepatan belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran mengolah makanan kontinental dinyatakan layak dan tidak perlu direvisi. Dari hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran mengolah makanan kontinental yang dikembangkan memiliki tingkat kemenarikan, kemudahan, keefektifan dan efisiensi yang layak sebagai modul pembelajaran pada mata pelajaran mengolah makanan kontinental di SMK Kartika Malang.