Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan rumah makan pada keluarga di kota Batu

Aulia Nur Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Aulia, Nur. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Rumah Makan Pada Keluarga Di Kota Batu. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dra. Mazarina Devi, M.Si. (II) Laili Hidayati, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Faktor-Faktor, Rumah Makan, Keluarga

Kota Batu merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Salah satu bisnis di bidang kepariwisataan yang tumbuh dengan pesat adalah bisnis Rumah Makan dan Restoran. Konsumen Rumah Makan dan Restoran di kawasan Kota Batu dapat diidentifikasi adalah keluarga. Pengambilan keputusan pembelian oleh keluarga jauh lebih rumit dibandingkan dengan individu, karena setiap anggota keluarga mempunyai peranan masing-masing.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses keputusan pemilihan rumah makan, bagaimanakah peranan anggota keluarga dalam pengambilan keputusan, atribut-atribut rumah makan apa saja yang dianggap penting oleh anggota keluarga. Penelitian ini termasuk penelitian Deskriptif  Kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah regresi. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen keluarga yang membeli makanan pada rumah makan di Kota Batu. Sampel dalam penelitian ini yaitu konsumen keluarga yang berjumlah 91 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket).

Berdasarkan hasil analisis data; 1) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel faktor budaya, faktor kelas sosial, faktor kelompok anutan, faktor keluarga dan faktor atribut terhadap variabel keputusan pemilihan rumah makan pada keluarga, 2)Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pemilihan rumah makan adalah variabel keluarga sig 0.000, selanjutnya adalah variabel faktor kelompok anutan sig 0.004, faktor budaya sig 0.005, faktor kelas sosial sig 0.024, dan faktor atribut sig 0.029, 3) Anggota keluarga yang paling dominan berperan dalam pengambilan keputusan pemilihan rumah makan adalah istri sebesar 2.66, selanjutnya adalah suami 2.64, anak 2.44 dan yang berperan selanjutnya adalah keputusan bersama sebesar 2.40, 4) Atribut-atribut rumah makan yang dianggap penting oleh setiap anggota keluarga adalah lokasi sebesar 2.99, selanjutnya adalah harga 2.67, pelayanan 2.58, dan rasa 2.42. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat secara parsial dan secara simultan.