Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Pengelolaan Laboratorium Patiseri Pada Program Studi Pendidikan Tata Boga Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang

Hilvina Sekar Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Hilvina Sekar. 2013. Evaluasi Pengelolaan Laboratorium Patiseri Pada Program Studi Pendidikan Tata Boga Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. (I) Dr. Ir. Soenar Soekopitojo, M.Si., (II) Laili Hidayati, S.Pd., M.Si.

 

Kata kunci: pendidikan tata boga, laboratorium patiseri, evaluasi pengelolaan

Program Studi  Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang  mempunyai visi mewujudkan program studi S1 Pendidikan Tata Boga sebagai pusat keunggulan dan  lembaga rujukan penyelenggara pendidikan tenaga kependidikan, penelitian dan penerapan ilmu serta teknologi kependidikan dalam bidang Tata Boga yang relevan dengan kebutuhan pembangunan dan masyarakat. Proses pembelajaran di program studi tata boga terdiri dari mata kuliah praktik dan teori. Pada program studi pendidikan tata boga seharusnya memiliki lima laboratorium yaitu laboratorium pengolahan makanan, laboratorium patiseri, laboratorium gizi, laboratorium teknologi makanan/industri, laboratorium cafeteria/restoran. Laboratorium patiseri berfungsi sebagai tempat pembuatan berbagai produk patiseri dengan variasi bentuk, rasa, warna, dan isi untuk berbagai kesempatan. Pengolahan produk patiseri perlu didukung dengan adanya laboratorium yang memadai.

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi mekanisme pengelolaan laboratorium dan kesesuai peralatan laboratorium khususnya laboratorium patiseri terhadap Standar Minimal Laboratorium, Workshop, dan Studio Pendidikan dan Kejuruan Jenjang S1. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif.

Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa, persentase kesesuaian peralatan laboratorium patiseri dengan Standar Minimal Laboratorium pada substansi kajian membuat produk patiseri dengan variasi bentuk dan rasa untuk berbagai kesempatan adalah 68,8%. Persentase kesesuaian peralatan substansi kajian mencetak berbagai produk candy dengan berbagai macam bentuk dan ukuran adalah 62,5%. Persentase kesesuaian peralatan substansi kajian menata berbagai produk patiseri pada display adalah 70,19%. Persentase kesesuaian peralatan substansi kajian menggunakan berbagai macam cetakan kue untuk berbagai produk patiseri sebesar 94,12%. Mekanisme pengelolaan Laboratorium Patiseri Program Studi Pendidikan Tata Boga yang sudah dilaksanakan dengan baik adalah penjadwalan penggunaan laboratorium, pengadaan alat, dan peminjaman alat. Sedangkan mekanisme pengelolaan yang belum terlaksana adalah belum adanya struktur organisasi dan pembagian tugasnya secara tertulis, fasilitas k3 masih ada yang kurang, serta pelaksanaan tata tertib yang belum sesuai dengan prosedur dan tidak adanya SOP laboratorium.