Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

persepsi siswa tentang persiapan pelaksanaan uji kompetensi keahlian jasa boga di SMK Negeri 1 batu

siti murni wulan sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Siti Murni Wulan. 2013. Persepsi Siswa Tentang Persiapan Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Jasa Boga di SMKN 1 Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nunung Nurjanah, M.Kes (II) Dra. Teti Setiawati, M.Pd.

 

Kata kunci: persepsi, uji kompetensi, keahlian jasa boga

Persepsi merupakan proses masuknya pesan atau informasi ke dalam otak manusia. Uji kompetensi pada sekolah menengah kejuruan merupakan bagian ujian nasional terdiri atas ujian teori kejuruan dan ujian praktik kejuruan. Diharapkan persepsi siswa dalam uji kompetensi keahlian dapat dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang di miliki oleh calon tenaga kerja dan uji kompetensi keahlian sangat berperan penting dalam lembaga pendidikan, selain merupakan bagian ujian nasional yang menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi kelulusan.

Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persepsi siswa tentang persiapan tempat pelaksanaan uji kompetensi keahlian jasa boga di SMK Negeri 1 Batu., (2) Bagaimana persepsi siswa tentang persiapan bahan pelaksanaan uji kompetensi keahlian jasa boga di SMK Negeri 1 Batu., (3) Bagaimana persepsi siswa tentang persiapan peralatan pelaksanaan uji kompetensi keahlian jasa boga di SMK Negeri 1 Batu., (4) Bagaimana persepsi siswa tentang persiapan sosialisasi pelaksanaan uji kompetensi keahlian jasa boga di SMK Negeri 1 Batu., (5) Bagaimana persepsi siswa tentang persiapan materi pelaksanaan uji kompetensi keahlian jasa boga di SMK Negeri 1 Batu.

 Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Batu dan subyek penelitian yakni siswa kelas XII program keahlian Jasa Boga dengan jumlah populasi 51 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan observasi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) persepsi siswa tentang persiapan tempat pelaksanaan uji kompetensi keahlian jasa boga menyatakan baik (70%)., (2) persepsi siswa tentang persiapan bahan pelaksanaan uji kompetensi keahlian jasa boga menyatakan baik (84,1%)., (3) persepsi siswa tentang persiapan peralatan pelaksanaan uji kompetensi keahlian jasa boga menyatakan baik (78%)., (4) persepsi siswa tentang persiapan sosialisasi pelaksanaan uji kompetensi keahlian jasa boga menyatakan baik (69%)., (5) persepsi siswa tentang persiapan materi pelaksanaan uji kompetensi keahlian jasa boga menyatakan baik (71%).

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian sejenis, dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan wacana untuk mengembangkan lebih lanjut penelitian-penelitian yang lain yang sejenis dan bukan hanya satu jenis uji kompetensi keahlian melainkan pada semua ujian program keahlian jasa boga, selain siswa kelas XII untuk lebih mengetahui secara jelas bahwa uji kompetensi keahlian tidak untuk kelas XII saja,  namun juga untuk kenaikan kelas X dan kelas XI.