Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN PENGELOLAAN USAHA JASA BOGA (PUJB) DI SMK KARTIKA IV-I MALANG

Dieka Arumeng Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Dieka Arumeng. 2013. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kompetensi pada Mata Pelajaran Pengelolaan Usaha Jasa Boga di SMK Kartika IV-I Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Teti Setiawati, M.Pd., (II) Dr.H. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd.

 

Kata kunci: implementasi, pembelajaran, kompetensi, SMK

Pendidikan merupakan sarana penting dalam rangka menciptakan generasi anak bangsa yang potensial dan bermutu. Salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan adalah dengan cara menyempurnakan kurikulum, yaitu dengan menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Implementasi pembelajaran berbasis kompetensi menuntut adanya perubahan pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi yang berpusat pada siswa, serta penilaian yang semula berorientasi diskriminasi siswa kepada yang berorientasi diferensiasi siswa. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, pembelajaran berbasis kompetensi merupakan pembelajaran yang memadukan antara pengetahuan, kemampuan, dan sikap serta penerapan ketiga hal tersebut dalam melaksanakan tugas di lapangan kerja.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yaitu kelengkapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis kompetensi, kelengkapan pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, dan kelengkapan pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbasis kompetensi dalam mata pelajaran Pengelolaan Usaha jasa Boga (PUJB) di SMK Kartika IV-I Malang.

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan data kemudian menyusunnya, mendeskripsikan, menganalisis dan menginterprestasikan sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dan tujuan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kelengkapan Rencana Pelaksananaan Pembelajaran (RPP) termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 20,7, kelengkapan pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi termasuk ke dalam kategori cukup baik dengan persentase sebesar 64% dan kelengkapan evaluasi pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 12,3.