Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kualitas Komunikasi Pramusaji dengan Kepuasan Konsumen dalam Pelayanan Studi Pada Restoran dan Butik Pendidikan pada Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang

Ruliana Halfa Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Ruliana Halfa. 2013. Hubungan Kualitas Komunikasi Pramusaji dengan Kepuasan Konsumen dalam Pelayanan Studi Pada Restoran dan Butik Pendidikan pada Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Teti Setiawati, M.Pd (II) Dr. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd

 

Kata kunci: komunikasi, pramusaji, kepuasan, konsumen

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas komunikasi pramusaji dengan kepuasan konsumen dalam pelayanan di Restoran dan Butik Pendidikan pada Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Variabel bebas yang digunakan adalah komunikasi pramusaji sedangkan untuk varibel terikatnya adalah kepuasan konsumen. Subjek dalam penelitian ini yaitu pramusaji Restoran dan Butik Pendidikan pada Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang. Lokasi penelitian ini terletak di Restoran dan Butik Pendidikan pada Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang. Konsumen Restoran dan Butik Pendidikan pada Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang dalam penelitian ini sebagai responden. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup.

Hasil penelitian yang diperoleh antara lain (1) kualitas komunikasi pramusaji tergolong baik, (2) kepuasan konsumen terhadap kualitas komunikasi pramusaji dalam memberikan pelayanan tergolong puas, dan (3) ada hubungan yang kuat antara kualitas komunikasi pramusaji dan kepuasan konsumen.

Saran yang dapat disampaikan adalah (1) bagi manager Restoran dan Butik Pendidikan pada Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja pramusaji, melakukan evaluasi kinerja pramusaji minimal sekali dalam satu minggu, (2) bagi pamusaji Restoran dan Butik Pendidikan pada Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, hendaknya menerima dengan baik setiap kritik dan saran yang diberikan konsumen agar kualitas komunikasi pramusaji dapat meningkat, (3) bagi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, dapat mempertahankan matakuliah Managemen Usaha Boga dan Kuliah Kerja Usaha yang dilaksanakan di Restoran dan Butik Pendidikan pada Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, (4) bagi peneliti berikutnya supaya melakukan penelitian tentang kualitas produk, lokasi restoran dan sistim markettingnya.