Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Tingkat Konsumsi Energi dan Protein Ibu Menyusui dengan Status Gizi Bayi di Kelurahan Tanggung Kota Blitar.

Endah Sarwi Ruci

Abstrak


ABSTRAK

 

Ruci, Endah Sarwi. 2013. Hubungan Tingkat Konsumsi Energi dan Protein Ibu Menyusui dengan Status Gizi Bayi di Kelurahan Tanggung Kota Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Boga. Jurusan Teknologi Industri. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dra. Mazarina Devi, M.Si. (II) Drs. Made Wena, M.Pd. M.T.

 

Kata Kunci : tingkat konsumsi, energi protein, ibu menyusui, status gizi, bayi.

Status gizi bayi dapat dinaikkan dengan cara meningkatkan konsumsi energi dan protein oleh ibu menyusui. Tambahan energi dan protein dibutuhkan agar ibu dapat menyusui bayinya dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat konsumsi energi dan protein ibu menyusui dengan status gizi bayi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh ibu menyusui yang mempunyai bayi umur 0-6 bulan di posyandu Kelurahan Tanggung Kota Blitar yang berjumlah 31 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket yang berupa food recall, timbangan, dan kartu menuju sehat (KMS). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis korelasi rank spearman.         

Berdasarkan hasil analisis rank spearman tingkat konsumsi energi ibu menyusui berhubungan secara signifikan dengan status gizi bayi, terbukti dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,006, dimana (Sig ≤ 0,05), dan tingkat konsumsi protein ibu menyusui juga berhubungan secara signifikan dengan status gizi bayi, terbukti dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,007 dimana (Sig ≤ 0,05). Hal ini berarti bahwa tingkat konsumsi energi dan protein ibu menyusui berhubungan secara signifikan dengan status gizi bayi