Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Pekerjaan Alumni Program Studi Tata Boga Universitas Negeri Malang (Studi Kasus Pada Angkatan 2007 dan 2008)

Kintan Ratna Agustina

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina, Kintan Ratna. 2013. Profil Pekerjaan Alumni Program Studi Tata Boga   Universitas Negeri Malang (Studi Kasus Pada Angkatan 2007 dan 2008), Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Boga Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Nunung Nurjanah, M.Kes., (2) Dra. Wiwik Wahyuni, M.Pd.

 

Kata Kunci: Profil Pekerjaan, Alumni, Program Studi Tata Boga, UM

Profil pekerjaan merupakan bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian tertentu. Profil pekerjaan meliputi pemilihan kerja, masa tunggu, dan tingkat kesesuaian kerja. Alumni merupakan lulusan Diploma III Tata Boga dan S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang. Program studi Diploma III Tata Boga mempunyai tujuan utama menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Tata Boga yang bekerja pada berbagai dunia usaha atau industri yang relevan atau berwirausaha mandiri di bidang boga, sedangkan untuk program studi S1 Pendidikan Tata Boga mempunyai tujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai tenaga kependidikan bidang Tata Boga, dalam hal ini menjadi seorang pendidik/guru.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan pekerjaan alumni Diploma III Tata Boga dan S1 Pendidikan Tata Boga angkatan 2007 dan 2008; (2) Berapa lama waktu (masa tunggu) kerja alumni Diploma III Tata Boga dan S1 Pendidikan Tata Boga angkatan 2007 dan 2008; dan (3) Bagaimana tingkat kesesuaian kerja alumni Diploma III Tata Boga dan S1 Pendidikan Tata Boga angkatan 2007 dan 2008. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian yaitu alumni program studi Tata Boga angkatan 2007 dan 2008 yang berjumlah 92 alumni. Instrumen penelitian  menggunakan kuesioner (angket).

Hasil analisis data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan pekerjaan alumni yang terkait dengan minat dan motivasi bekerja, untuk Diploma III Tata Boga dapat diketahui bahwa minat bekerja mempunyai nilai rata-rata 59,15% sedangkan motivasi bekerja 40,85%, dan untuk alumni S1 Pendidikan Tata Boga dapat diketahui bahwa minat bekerja mempunyai nilai rata-rata 53,15%% sedangkan untuk motivasi bekerja 46,85%, dengan demikian baik alumni Diploma III Tata Boga maupun S1 Pendidikan Tata Boga dapat diketahui bahwa minat merupakan faktor dominan yang mempengaruhi pemilihan kerja. Hasil analisis data terkait lama waktu (masa tunggu) kerja untuk alumni Diploma III Tata Boga 76% menyatakan membutuhkan waktu kurang dari 3 bulan untuk mendapatkan pekerjaan, sedangkan untuk S1 Pendidikan Tata Boga 68% menyatakan membutuhkan waktu kurang dari 3 bulan, dengan demikian masa tunggu kerja baik alumni Diploma III Tata Boga dan S1 Pendidikan Tata Boga tergolong sangat singkat (kurang dari 3 bulan). Hasil analisis data terkait kesesuaian kerja alumni Diploma III Tata Boga 30% menyatakan bekerja sebagai karyawan industri boga, sedangkan untuk S1 Pendidikan Tata Boga 26% menyatakan bekerja sebagai guru, dengan demikian kesesuaian kerja baik alumni Diploma III Tata Boga maupun S1 Pendidikan Tata Boga sesuai.