Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Standar Kompetensi Tata Hidang dan Dekorasi Hidangan untuk School Empowering Programe Bidang Keahlian Tata Boga di SMA Islam Kepanjen Malang

Ayu Febria Laili

Abstrak


ABSTRAK

 

Laili, Ayu Febria. 2013. Pengembangan Modul Standar Kompetensi Tata Hidang dan Dekorasi Hidangan untuk School Empowering Programe Bidang Keahlian Tata Boga di SMA Islam Kepanjen Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Teti Setiawati, M.Pd, (II) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, ST, M.Pd.

 

Kata Kunci: school empowering programe, pengembangan, modul pembelajaran, tata hidang, dekorasi hidangan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk modul pada Standar Kompetensi Tata Hidang dan Dekorasi Hidangan untuk siswa peserta School Empowering Programe kelas X Bidang Keahlian Tata Boga di SMA Islam Kepanjen Malang yang memiliki kelayakan isi, penyajian, dan bahasa. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yang diadopsi dari Sugiyono meliputi tahap pendahuluan yaitu studi literatur, dan tahap studi pengembangan yaitu penyusunan draf dan desain modul, validasi isi oleh ahli (ahli media pembelajaran, ahli materi, ahli bahasa indonesia), revisi modul dengan mengacu pada hasil validasi, uji coba pada subyek coba sebanyak 30 sampel, revisi dan penyempurnaan modul, dan memperoleh Modul Tata Hidang dan Dekorasi Hidangan. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk angket untuk para validator ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah persentase.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi ahli pengembangan media pembelajaran memperoleh penilaian baik (skor 4) dan sangat baik (skor 5), dengan kualifikasi layak dan sangat layak. Hasil validasi ahli pengembangan materi memperoleh penilaian baik (skor 4) dan sangat baik (skor 5), dengan kualifikasi layak dan sangat layak. Hasil validasi guru bahasa Indonesia mendapatkan penilaian baik (skor 4), dengan kualifikasi layak, sedangkan untuk uji coba kelompok besar yaitu dari 8 aspek yang dinilai keseluruhan mendapatkan persentase nilai 85.5%, sehingga Modul Tata Hidang dan Dekorasi Hidangan masuk dalam kualifikasi layak. Kesimpulan hasil penelitian pengembangan Modul Tata Hidang dan Dekorasi Hidangan yaitu tindak lanjut modul pembelajaran ini dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar. Modul Tata Hidang dan Dekorasi Hidangan telah memenuhi karakteristik dari sebuah modul dan memiliki komponen-komponen yang lengkap untuk menunjang pembelajaran. Modul Tata Hidang dan Dekorasi Hidangan ini memenuhi syarat karakteristik modul yaitu karakteristik self instructional, self contained, stand alone, adaptif, user friendly. Saran dari validator dan siswa untuk perbaikan pengembangan Modul Tata Hidang dan Dekorasi Hidangan perlu adanya perbaikan pada halaman sampul dan isi modul. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan pengembangan bahan ajar (modul) dalam standar kompetensi yang masih perlu dilakukan evaluasi dan revisi, karena Modul Tata Boga jilid 1 dan jilid 2 masih kurang sempurna. Hal ini terlihat tidak adanya bab pendahuluan, bab pembelajaran, bab evaluasi, dan glosarium.