Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa pada Kompetensi Dasar Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman di Restoran di SMK Negeri 1 Batu.

Devi Febriandini

Abstrak


ABSTRAK

 

Febriandini, Devi. 2013. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa pada Kompetensi Dasar Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman di Restoran di SMK Negeri 1 Batu. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Teti Setiawati, M.Pd., (II) Laili Hidayati, S.Pd., M.Si.

 

Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Peserta didik selain diharapkan mampu berkompeten juga diharapkan mampu memiliki karakter yang baik. Proses pembelajaran pada kompetensi dasar menyediakan layanan makanan dan minuman di SMK Negeri 1 Batu, guru hanya memaksimalkan pencapaian kompetensi sehingga mengesampingkan proses internalisasi karakter pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan budaya dan karakter bangsa pada perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan faktor-faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran.

Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran melayani makan dan minum serta peserta didik kelas XI program studi keahlian Tata Boga yang digunakan sebagai populasi pendukung dalam penelitian, sehingga jumlah populasi pada penelitian ini adalah 62 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan 53 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil analisis data diketahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan budaya dan karakter bangsa pada perangkat pembelajaran kompetensi dasar menyediakan layanan makanan dan minuman di SMK Negeri 1 Batu termasuk dalam kategori kurang baik dalam mencantumkan nilai budaya dan karakter yang akan dikembangkan dengan jumlah skor penilaian 7. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan budaya dan karakter bangsa pada proses pembelajaran kompetensi dasar menyediakan layanan makanan dan minuman di SMK Negeri 1 Batu termasuk dalam kategori baik dengan persentase 75,63%. Faktor-faktor penghambat guru dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah lingkungan sekolah dan peserta didik yang kurang memahami arti dan fungsi karakter yang akan dikembangkan karena tidak ada sosialisasi yang diberikan oleh pihak sekolah atau guru.

Guru seharusnya tidak hanya melakukan pembiasaan kepada peserta didik, tetapi juga mampu memberikan contoh bagaimana cara bersikap dan berperilaku yang baik. Guru seharusnya merencanakan nilai budaya dan karakter yang akan dikembangkan dengan cara mengintegrasikan dan mencantumkan nilai karakter pada silabus dan RPP, serta melakukan penilaian karakter lebih spesifik, sehingga guru dapat mengetahui perkembangan karakter pada masing-masing peserta didik pada setiap jenjangnya. Pihak sekolah melakukan sosialisasi mengenai pentingnya penerapan pendidikan budaya dan karakter bangsa pada peserta didik.