Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Siswa Dan Guru Tentang Kompetensi Profesional Guru Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Angkatan 2009

lisa widyastuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Widyastuti, Lisa. 2013. Persepsi Siswa Dan Guru Tentang Kompetensi Profesional Guru Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Angkatan 2009. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Rini Sudjarwati, M.Pd, (II) Dr. Rina Rifqie Mariana, M.P.

 

Kata kunci: persepsi, kompetensi profesional

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa dan guru tentang kompetensi profesional guru pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Tata Boga angkatan 2009 dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan Keguruan di SMK pada semester genap 2012-2013. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi S1 Pendidikan Tata Boga angkatan 2009. Lokasi penelitian ini adalah di SMK Kompetensi Keahlian Jasa Boga tempat mahasiswa melaksanakan kegiatan PPL Keguruan. Responden dalam penelitian ini adalah guru pamong yang bersangkutan dan siswa-siswi yang diajar saat melaksanakan kegiatan PPL Keguruan di SMK pada semester genap 2012-2013. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup.

Hasil penelitian ini adalah (1) penguasaan materi mata pelajaran yang dimiliki mahasiswa dengan kategori sangat tinggi sebanyak 3 orang (7%), tinggi sebanyak 37 orang (88%), dan sedang sebanyak 2 orang (5%), (2) penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang dimiliki mahasiswa dengan kategori sangat tinggi sebanyak 9 orang (21%), tinggi sebanyak 20 orang (48%), dan sedang sebanyak 13 orang (31%), (3) kemampuan mengembangkan materi mata pelajaran yang dimiliki mahasiswa dengan kategori sangat tinggi sebanyak 2 orang (5%), tinggi sebanyak 39 orang (93%), dan sedang sebanyak 1 orang (2%), (4) kemampuan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan yang dimiliki mahasiswa dengan kategori sangat tinggi sebanyak 6 orang (14%), tinggi sebanyak 22 orang (53%), dan sedang sebanyak 14 orang (33%), (5) kemampuan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri yang dimiliki mahasiswa dengan kategori sangat tinggi sebanyak 3 orang (7%), tinggi sebanyak 38 orang (91%), dan sedang sebanyak 1 orang (2%), dan (6) persepsi siswa dan guru tentang kompetensi profesional guru pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Tata Boga angkatan 2009 tergolong positif dengan kategori tinggi.