Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kompetensi Guru dengan Kompetensi Siswa Mengolah Makanan Kontinental pada Kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Malang

Devi Ikalia

Abstrak


ABSTRAK

 

Ikalia, Devi. 2013. Hubungan Kompetensi Guru dengan Kompetensi Siswa Mengolah Makanan Kontinental pada Kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas  Negeri Malang, Pembimbing (1) Dra. Rini Sudjarwati, M.Pd, (II) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M. Pd, M.T.

 

Kata Kunci : Hubungan, Kompetensi Guru, Mengolah, Makanan Kontinental, SMK N 3 Malang.

Kompetensi mengolah makanan kontinental terkait dengan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa SMK jurusan tata boga, dimana siswa mempunyai pengetahuan,sikap dan keterampilan yang mandiri. Kompetensi guru adalah penunjang tercapainya kompetensi siswa mengolah makanan kontinental. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan seberapa tinggi kompetensi guru dalam mengajar kompetensi mengolah makanan kontinental; (2) mendeskripsikan seberapa tinggi kompetensi siswa mengolah makanan kontinental; (3) mengungkap hubungan kompetensi guru dengan kompetensi siswa mengolah makanan kontinental pada kelas XI Jasa boga di SMK N 3 Malang; dan (4) mengungkap seberapa besar kontribusi kompetensi guru terhadap kompetensi siswa mengolah makanan kontinental.

Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi sederhana untuk mengetahui hubungan kompetensi guru dengan kompetensi mengolah makanan kontinental pada siswa, dan mengetahui sumbangan efektif yang diberikan oleh kompetensi guru terhadap kompetensi siswa mengolah makanan kontinental.

Hasil penelitian ini adalah : sebesar 48 responden (48%) menyatakan bahwa guru memiliki kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dalam kategori sangat tinggi; (2) kompetensi siswa mengolah makanan kontinental sebanyak 87 responden (87%) berada dalam kategori tinggi; (3) nilai koefisien regresi antara kompetensi guru dengan kompetensi mengolah makanan kontinental pada siswa adalah 0,532; dan (4) kontribusi yang diberikan kompetensi guru terhadap kompetensi mengolah makanan kontinental adalah sebesar 28,3% sebagai sumbangan efektif.

Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional program keahlian jasa boga di SMK N 3 Malang  sesuai temuan penelitian dilihat dari  persepsi siswa termasuk kriteria sangat tinggi; (2) Kompetensi siswa mengolah makanan kontinental dilihat dari prestasi belajar yang diperoleh dalam satu semester termasuk kriteria tinggi; (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dengan kompetensi siswa dalam mengolah makanan kontinental pada kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Malang; dan (4) Kontribusi yang diberikan oleh kompetensi guru terhadap kompetensi siswa mengolah makanan kontinental kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Malang sebesar 28,3%.