Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Pengembangan Bumbu Pecel Instan dalam Bentuk Bubuk dengan Teknik Pengeringan Menggunakan Vacuum Dryer. Skripsi

Diah Ayu Pusporini

Abstrak


ABSTRAK

 

Pusporini, Diah Ayu.2013. Studi Pengembangan Bumbu Pecel Instan dalam Bentuk Bubuk dengan Teknik Pengeringan Menggunakan Vacuum Dryer. Skripsi, Program Studi Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd, (2) Dra. Rini Sudjarwati, M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, bumbu pecel, instan, pengeringan, vacuum dryer

Bumbu Pecel adalah pangan olahan yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang diproses secara bertahap dari proses penggorengan atau penyangraian hingga mencapai tingkat kematangan tertentu dan proses pencampuran dengan bahan-bahan lain yang berperan sebagai bumbu diantaranya gula merah, garam, serta rempah-rempah dengan komposisi yang sedikit berbeda-beda tergantung ciri khas masing-masing daerah. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan formula dan langkah-langkah (proses) yang tepat pembuatan bumbu pecel instan dengan vacuum dryer serta menentukan waktu dan temperatur yang tepat. Selanjutnya produk diuji untuk mengetahui adanya perbedaan diantara dua sampel bumbu pecel instan dan tingkat kesukaan panelis dari segi rasa, tekstur, dan warna bumbu pecel instan.

Pengujian terhadap rasa, tekstur, warna, dan tingkat kesukaan menggunakan format penilaian terhadap subjek uji coba, kemudian hasil uji coba dianalisis menggunakan Uji t untuk mengetahui apakah antara produk bumbu pecel instan satu (BPI 1) dan bumbu pecel instan dua (BPI 2) terdapat perbedaan. Hasil uji kesukaan dianalisis menggunakan persentase dan dijabarkan secara deskriptif.

Hasil analisis Uji t menunjukkan ada perbedaan dalam segi rasa, tekstur dan warna antara BPI 1 dan BPI 2. Hasil uji tingkat kesukaan terhadap produk BPI 1 dan BPI 2 menunjukkan bahwa BPI 1 yang lebih disukai dari segi rasa, tekstur dan warna.

Berdasarkan hasil uji mutu dan tingkat kesukaan dapat diambil kesimpulan proses penghalusan bumbu pecel dengan cara diblender dan dikeringkan menggunakan mesin vacuum dryer selama 9 jam dinilai responden dapat menghasilkan bumbu pecel instan yang lebih baik dan maksimal, yaitu berbentuk bubuk dengan tekstur yang halus dan kering, rasa pedas manis, dan warna cokelat kekuningan. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah perlu untuk meneliti daya tahan penyimpanan bumbu pecel instan.