Skripsi Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

REDESAIN KEMASAN KRUPUK “CASSAVA” UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN

diyah purnamasari

Abstrak


ABSTRACT

 

Purnamasari, Diyah. 2017. Redesain Kemasan Krupuk “Cassava” untuk Meningkatkan Pemasaran. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc., Ph.D., (II) Andika Agung Sutrisno, S.Sn., M.Sn. 

Kata Kunci: Redesain, Kemasan, Cassava.

Sebuah kemasan dibutuhkan dalam membangun sebuah brand pada produk maupun perusahaan. Peranan penting pada kegiatan mendesain kemasan dapat dilakukan guna menunjukan kelebihan produk tersebut serta menjadi pembeda dari produk lainnya dengan menampilkan keunikan yang dimiliki produk untuk persaingan ketat dalam dunia bisnis kuliner. Krupuk “Cassava” merupakan camilan yang menyajikan camilan dalam bentuk kerupuk singkong dengan memiliki 3 varian rasa. Kerupuk ini diproduksi oleh CV. Bintang Anugrah. Produk ini diolah dengan menjaga kualitas produk dan kebersihannya mulai dari pengolahan hingga pengemasan dan produk ini tidak menggunakan bahan sintetis pada olahannya. Namun, dalam segi desain kemasan Krupuk “Cassava” masih belum diperhatikan secara baik. Kemasan produk masih menggunakan desain biasa yang belum menunjukkan kelebihan produk, belum efisien bagi konsumen dan belum bisa bersaing dengan produk lainnya. Oleh sebab itu Krupuk “Cassava” memerlukan desain ulang untuk kemasannya.

Pada redesain kemasan Krupuk “Cassava” untuk meningkatkan pemasaran ini menggunakan Model Perancangan Prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif dengan sumber data berdasarkan dari hasil wawancara dan observasi. Hasil data yang diperoleh data wawancara dari narasumber CV. Bintang Anugrah serta data pustaka. Model perancangan menggunakan Safanayong, dimulai dari latar belakang masalah, pengumpulan data, analisis data, konsep perancangan hingga produksi.

Hasil dari perancangan ini terdiri dari media utama yaitu kemasan primer, kemasan sekunder dan tersier. Untuk media promosi menggunakan Instagram, Facebook, Poster, Banner, dan Standing x-banner. Proses visualisai menggunakan software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw.