Skripsi Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

TINGKAT KETERPAKAIAN JURNAL ELEKTRONIK DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG DALAM TESIS MAHASISWA PASCASARJANA TAHUN 2016

Afyudin Tsaqif Firmansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Firmansyah, Afyudin Tsaqif. 2015. Tingkat Keterpakaian Jurnal Elektronik di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang dalam Tesis Mahasiswa Pascasarjana Tahun 2016, Sarjana I Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd, (II) Moh. Safii, S.Kom, M.Hum.

 

Kata Kunci    :    keterpakaian, ketersediaan, jurnal elektronik, perpustakaan perguruan tinggi

 

UPT Perpustakaan UM melanggan sejumlah 6 provider jurnal elektronik sampai tahun 2016 yang terdiri atas 2872 judul jurnal elektronik. Bersarkan keterangan dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Perpustakaan UM, belum pernah dilakukan evaluasi terhadap jurnal elektronik yang telah dilanggan. Dengan demikian, sebagai tindakan evaluasi, dalam kesempatan penulisan skripsi ini, dilakukan penelitian tentang tingkat keterpakaian jurnal elektronik yang dilanggan oleh UPT Perpustakaan UM.

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat keterpakaian dan ketersediaan jurnal elektronik di UPT Perpustakaan UM berdasarkan jumlah rujukan jurnal elektronik dalam tesis mahasiswa pascasarjana UM tahun 2016.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, artinya penelitian ini menghasilkan data berupa angka-angka dan dipaparkan secara deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah tesis mahasiswa S2 Pascasarjana UM yang telah menyelesaikannya di tahun 2016 dengan jumlah 846 judul tesis. Sampel yang digunakan berjumlah 89 judul tesis yang didapatkan berdasarkan perhitungan rumus slovin. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara dokumentasi menggunakan instrumen panduan distribusi frekuensi. Prosedur penelitian ini terdiri atas tiga tahapan, yaitu (1) prapenelitian, (2) pelaksanaan, dan (3) penyelesaian.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, terdapat dua kesimpulan, yaitu pertama, tingkat keterpakaian jurnal elektronik di UPT Perpustakaan UM adalah sebagian kecil (1,71%) yang dimanfaatkan dalam tesis mahasiswa pascasarjana. Kedua, ketersediaan jurnal elektronik berdasarkan rujukan tesis mahasiswa pascasarjana, dari 359 judul, sejumlah 49 judul (15,65%) tersedia dan 310 judul (86,35%) tidak tersedia di UPT Perpustakaan UM. Selain itu, diperoleh temuan bahwa program studi yang paling banyak menyitir adalah program studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris. Judul jurnal elektonik yang paling banyak dirujuk dalam tesis mahasiswa pascasarjana adalah Tesol Quarterly namun tidak tersedia di UPT Perpustakaan UM. Jurnal elektronik yang dilanggan UPT Perpustakaan UM dan dirujuk dalam tesis mahasiswa pascasarjana, paling banyak adalah ELT Journal.

Berdasarkan hasil kajian, saran yang disampaikan adalah (1) UPT Perpustakaan UM hendaklah lebih selektif dalam melanggankan jurnal elektronik, dan melakukan evaluasi; (2) Civitas akademika sebagai penerima manfaat hendaklah memanfaatkan jurnal elektronik yang telah dilanggankan oleh UPT Perpustakaan UM; dan (3) Setiap program studi hendaklah berkoordianasi dengan UPT Perpustakaan UM mengenai kebutuhan akan jurnal elektronik.