Skripsi Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Program Go Read dalam Distribusi Bacaan bagi Taman Bacaan Masyarakat di Wilayah Malang Raya

Zahrotul Mufidah.

Abstrak


ABSTRAK

 

Mufidah, Zahrotul. 2017. Implementasi Program Go Read dalam Distribusi Bacaan bagi Taman Bacaan Masyarakat di Wilayah Malang Raya. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd, (II) Dwi Novita Ernaningsih, S.Sos., M.Hum.

 

Kata Kunci: implementasi, Go Read FKTBM Malang Raya, taman bacaan masyarakat, masyarakat.

 

            Forum Komunikasi Taman Bacaan Masyarakat (FKTBM) Malang Raya menyelenggarakan program Go Read dalam upaya mendistribusikan bahan bacaan bagi masyarakat di Malang Raya. Program tersebut diselenggarakan untuk mengatasi masalah keterbatasan bahan bacaan dan minat baca masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan pembahasan mengenai implementasi program Go Read dalam distribusi bacaan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (a) pengorganisasian, (b) interpretasi, dan (c) penerapan program Go Read.

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian berupa deskripsi tentang implementasi program Go Read yang meliputi pengorganisasian, interpretasi, dan penerapan program Go Read. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Untuk mempertanggungjawabkan keabsahan data, dilakukan validasi data melalui triangulasi teknik pengumpulan data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan, pereduksian, pengodean, pendeskripsian, penyajian, dan penginterpretasian.

            Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, pengorganisasian program Go Read dimulai dari perencanaan kegiatan program untuk mengetahui hal-hal yang diorganisasikan, proses pengorganisasian melalui diskusi dengan melibatkan pengelola taman bacaan masyarakat di Malang Raya, dan hasil pengorganisasian berdasarkan atas kesepakatan bersama dengan menggunakan teknik multivoting dalam pengambilan keputusan. Kedua, interpretasi program Go Read dengan cara pembuatan pedoman program Go Read yang digunakan sebagai petunjuk pelaksanaan kegiatan distribusi bacaan program Go Read. Ketiga, penerapan program Go Read berdasarkan pedoman program, tetapi terdapat beberapa ketentuan dalam pedoman program yang tidak dijalankan oleh pelaksana kegiatan, yakni tidak dijalankannya sistem pinjam dan kembali bahan bacaan yang didistribusikan, sistem pencatatan bahan bacaan yang didistribusikan, dan sistem pencatatan pertukaran koleksi antar taman bacaan. Selain itu, ketidakefektifan relawan Go Read juga menjadi suatu permasalahan dalam melaksanakan kegiatan distribusi bacaan karena proses distribusi bacaan menjadi terhambat. Oleh karena itu, program yang baik belum tentu berjalan dengan baik karena terdapat permasalahan-permasalahan.