Skripsi Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kualitas Informasi Website Perpustakaan Dengan Citra Perpustakaan: Studi Pada Perpustakaan Universitas Negeri Malang

Ahmad Muzaki

Abstrak


ABSTRAK 

 

Muzaki, Ahmad. 2017. Hubungan Kualitas Informasi Website Perpustakaan Dengan
Citra Perpustakaan: Studi Pada Perpustakaan Universitas Negeri Malang.
Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri
Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Saksomo, M.Si (II) Drs. Dwi Sugianto,
M.Pd

 


Kata Kunci: Website Perpustakaan, Kualitas Informasi, Citra Perpustakaan

 

Perpustakaan Universitas Negeri Malang telah memiliki website perpustakaan yang beralamatkan http://library.um.ac.id/. Website sendiri merupakan salah satu media promosi perpustakaan yang dapat dilakukan oleh perpustakaan dalam  menjangkau pemustaka melalui internet. Sebagai media promosi, website perpustakaan  harus dapat memberikan kualitas informasi yang baik. Karena pada dasarnya sebuah website berisi tentang kumpulan informasi yang disatukan dalam satu sistem. Informasi yang disediakan harus mempunyai kualitas yang baik. Karena kualitas informasi akan mempengaruhi sikap atau persepsi pengguna.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas informasi website perpustakaan dengan citra perpustakaan. Objek penelitian ini adalah website perpustakaan Universitas Negeri Malang, sedangkan populasinya adalah anggota perpustakaan Universitas Negeri Malang. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan metode sampel random sederhana. Adapun analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis korelasi product moment pearson.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kualitas informasi website perpustakaan dengan citra perpustakaan. Dengan rincian hasil penelitian, berdasarkan pedoman intepretasi koefisien korelasi terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi waktu dengan citra perpustakaan sebesar 0,484 yang termasuk dalam kategori sedang. Terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi isi dengan citra perpustakaan sebesar 0,587 yang termasuk dalam kategori sedang. Terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi bentuk dengan citra perpustakaan sebesar 0,437 yang termasuk dalam kategori sedang.

Saran penelitian yang diberikan adalah informasi dapat menyebar dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu, website perpustakaan harus mempublikasi informasi secara teratur. Isi website perpustakaan harus memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, juga harus menampilkan informasi terkait pencapaian prestasi perpustakaan, sehingga persepsi pengguna tentang perpustakaan akan semakin baik.Website perpustakaan harus menyediakan bentuk informasi yang beragam. Jika bentuk informasi website semakin beragam tentu akan mempermudah pengguna dalam memahami informasi yang dapat mempengaruhi perpsesi pengguna tentang citra perpustakaan.