Skripsi Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Standar Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Ma Chung

Ninik Fa'idatush Khamidah

Abstrak


Perpustakaan menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka. Perpustakaan menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Layanan perpustakaan dikatakan bagus apabila pemustaka merasa puas dengan layanan dan sikap pustakawan saat melayani. Perpustakaan Universitas Ma Chung memiliki layanan sirkulasi, referensi, dan jurnal elektronik. Dari data statistik pengunjung, jumlah pengunjung dari Juli 2015-Juli 2016 mengalami penurunan. Penempatan gedung perpustakaan yang baru belum dimanfaatkan oleh pemustaka secara maksimal. Sistem access yang seringkali error saat peminjaman buku di perpustakaan menjadi salah satu kendala yang dialami saat ini

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan fakta-fakta. Data penelitian ini berupa aktivitas layanan dan kualitas layanan. Sumber data penelitian ini berupa pustakawan dan pemustaka. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik pengumpulan data dokumentasi dilakukan dengan mengambil data berupa buku catatan dan dokumen yang tersimpan. Wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan ke pemustaka dan petugas perpustakaan. Pengumpulan data melalui observasi dilakukan untuk mengamati kondisi layanan dan kualitas layanan yang diberikan untuk pemustaka.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, layanan perpustakaan Universitas Ma Chung, memiliki layanan sirkulasi, referensi, dan jurnal elektronik. Ketiga layanan tersebut mempunyai Standard Operating Procedure. Layanan sirkulasi dan jurnal elektronik menggunakan sistem layanan terbuka. Layanan referensi menggunakan sistem layanan terbuka dan tertutup. Kedua, standar kualitas layanan perpustakaan Universitas Ma Chung, kualitas layanan sirkulasi, menyediakan informasi terbaru yang dibutuhkan oleh pemustaka, memberikan kemudahan akses yang berupa OPAC, kecepatan pustakawan saat melayani pemustaka. Kualitas layanan referensi yaitu sumber rujukan yang dibutuhkan oleh pemustaka. Pustakawan mampu membimbing dan memberi pengarahan kepada pemustaka untuk tugas kuliah. Kualitas layanan jurnal elektronik yaitu Pustakawan menyediakan layanan jurnal elektronik yang sudah di bedakan sesuai dengan jurusan dan jenis jurnal.