Skripsi Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Korelasi Keragaman Koleksi Perpustakaan terhadap Minat Baca Siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 6 Malang

Cici Puspitasari

Abstrak


Menumbuhkan minat membaca merupakan salah satu langkah untuk menciptakan siswa yang gemar membaca. Minat baca perlu ditumbuhkan sedini mungkin agar lebih mudah menumbuhkan membaca sebagai kebiasaan, dengan menjadikan membaca sebagai kebiasaan maka akan tercipta budaya baca.Selain harus dilakukan secara terus-menerus, juga diperlukan ketersediaan dan keragaman bahan bacaan, yang memadai, jumlah, jenis, dan mutunya, serta kontinyuitasnya/ kelangsungannya secara memadai. Tidak dapat dipungkiri dengan adanya koleksi maka minat baca dapat bertambah. Koleksiperpustakaanadalahkeseluruhanbahanpustaka yang dikumpulkanataudihimpunolehperpustakaan, dengan tujuan untuk disajikan kepada para pemakai. Keragaman koleksi perpustakaan sekolah meliputi: (a) buku (bukuteks, buku penunjang kurikulum, buku bacaan, buku referensi dan buku biografi); (b) terbitan berkala (majalah, suratkabar); (c) audio visual; (d) layanan teknologi informasi dan komunikasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keragaman koleksi yang terdapat di Perpustakaan SMK Negeri 6 Malang, mendeskripsikan minat baca siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 6 Malang, dan korelasi keragaman koleksi perpustakaan terhadap minat baca siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 6 Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebesar 469 siswa dengan jumlah sampel sebesar 51 siswa dengn teknik pengambilan sampel yaitu proposional sampling. Skala pengukuran menggunakan skala guttmandengan alternatif jawaban 0 dan 1. Uji validitas instrumen penelitian ini menggunakan product moment  yang hasilnya yaitu valid, dan uji reliabilitasnya  menggunakan rumus alpha cronbach yang hasilnya yaitu reliabel dengan nilai alpha sebesar 0,789. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan uji regresi linear sederhana.

Simpulan dari penelitian ini yaitu, berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data terhadap 51 responden, maka diperoleh keragaman koleksi di perpustakaan SMK Negeri 6 malang dan masuk dalam kategori tinggi. Hal ini dibuktikan dengan terdapat beragaman jenis koleksi perpustakaan seperti buku teks, buku penunjang kurikulum, novel, puisi, cerpen, biografi, ensiklopedia, surat kabar, majalah, koleksi audio visual, dan layanan teknologi informasi. Minat baca siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 6 malang termasuk dalam kategori tinggi.Hal ini dibuktikan dengan tingginya peminjaman koleksi oleh siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 6 Malang.Berdasarkananalisistentangkorelasikeragamankoleksi di perpustakaan dengan minat baca siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 6 Malang, dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai yang tinggi.Sehingga dapat disimpulakan bahwa ada korelasi dan pengaruh antara keragaman koleksi terhadap minat baca siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 6 Malang.

 

Saran yang diberikan penulis yaitu,untuk menambah keragaman koleksi, Perpustakaan SMK Negeri 6 Malang yang merupakan penyedia layanan sertabahan pustaka seharusnya menambah bahan pustaka terutama koleksi karya sastra, majalah dan koran, serta koleksi penunjang kurikulum.Dalam meningkatkan minat baca, perpustakaan harus bias memberikan layanan yang membuat siswa nyaman dan betah di perpustakaan.Perpustakaan bekerja sama dengan guru untuk mengadakan rombongan belajar di perpustkaan dan pustakawan juga mengenalkan koleksi yang ada di perpustakaan.Dengan adanya hubungan keragaman koleksi terhadap minat baca siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 6 Malang, perpustakaan sebaiknya menambah koleksinya untuk menumbuhkan minat baca pada siswanya.