Skripsi Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN SHUO JENGA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA MANDARIN SISWA SMA

SINDY FIRDA FITRI ABIDIN

Abstrak


ABSTRAK

Abidin, Sindy Firda Fitri. 2016. Pengembangan Media Permainan Shuo Jenga untuk Melatih Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Siswa SMA. Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Primardiana H.W., M.Pd

Kata Kunci: media permainan, shuo jenga, keterampilan berbicara

 Tujuan penelitian & pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah media pembelajaran berbentuk permainan bernama shuo jenga. Media pembelajaran ini dikembangkan untuk dapat melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa SMA.

Model yang digunakan dalam penelitian & pengembangan ini adalah model pengembangan Cennamo dan Kalk, yaitu Five Phases of Instructional design dengan langkah: definisi, perancangan, peragaan, pengembangan, dan penyajian. Data diperoleh dari instrumen angket, lembar observasi, dan report card. Produk ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Produk ini diujicobakan sebanyak tiga kali, yaitu uji coba I, II, dan III. Uji coba I dilaksanakan dengan 6 subjek coba dari mahasiswa baru Pendidikan Mandarin UM offering B. Uji coba II dilaksanakan dengan 9 subjek coba mahasiswa baru Pendidikan Mandarin UM offering A. Seluruh subjek coba telah belajar bahasa Mandarin sebanyak 16 jam selama 10 minggu. Uji coba III dilaksanakan dengan 12 subjek coba dari siswa kelas XI lintas Minat SMA Negeri 6 Malang yang telah belajar sebanyak 4 jam seminggu selama 2 semester.

Produk ini merupakan media permainan bernama shuo jenga yang terdiri dari 48 buah balok jenga, 48 buah kartu ZL KA yang berisi perintah dialog (对话 duìhuà), perkenalan (介绍 jièshào),  penjelasan (解释 jiěshì) tentang kehidupan keluarga, command board, serta 3 buah QQ KA atau kartu penolong. Hasil validasi media maupun materi serta tiga tahap uji coba menunjukkan bahwa media permainan shuo jenga layak digunakan untuk melatih keterampilan berbicara siswa SMA.