Skripsi Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Menggambar Ilustrasi Manusia Melalui Metode Mencontoh Komik Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Grati Tahun Pelajaran 2016/2017 Kabupaten Pasuruan

Mulyono Mulyono

Abstrak


Pembuatan gambar illustrasi tidaklah mudah karena kita dituntut untuk pandai-pandai membuat suatu narasi dan terlebih lagi bila diwujudkan dalam bentuk gambar yang bercerita . Hal semacam ini juga dialami sebagaian anak-anak didunia pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada materi pelajaran Seni Budaya Kelas 8 Semester gasal kurikulum KTSP yang menuntut siswa untuk dapat membuat gambar illustrasi.  Pembelajaran menggambar ilustrasi buku cerita di kelas VIII A SMP Negeri 2 Grati Tahun pelajaran 2016/2017 Kabupaten Pasuruan menunjukan hasil yang kurang memuaskan,hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor diantaranya, (1) siswa kurang menguasai tentang menggambar bentuk obyek manusia  (2) siswa kurang memahami tentang proporsi, komposisi, keseimbangan, irama, serta unsur yang terkandung dalam seni rupa. Dengan penerapan metode Mencontoh Komik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi manusia.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi manusia pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Grati Tahun Pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini dilakukan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui tehnik observasi, angket, dan penilaian hasil karya. Analisis data kualitatif dilakukan melalui tiga tahap, reduksi data, paparan data, dan penyimpulan hasil analisis.

Dari data yang diperoleh didapatkan fakta sebagaim berikut; (1) rata rata hasil belajar siswa meningkat dari 68,6% sebelum tindakan, menjadi 76,6% pada siklus I, dan 82,3% pada siklus II, (2) ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 25% (10 dari 40 siswa  tuntas) sebelum tindakan, menjadi 75% pada siklus I, dan 100% pada siklus II, (3) Kinerja siswa naik dari 71,4% pada siklus I menjadi 77,5% pada siklus II, (3) Minat belajar siswa naik dari 76,05% pada siklus I menjadi 86,1% pada siklus II.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut didapatkan kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode mencontoh komik dapat meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi manusia pada siswa kelas VIII A SMPNegeri 2 Grati Tahun Pelajaran 2016/2017 Kabupaten Pasuruan.