Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Taman Bacaan Masyarakat Hutan Kota Bondas Kota Batu

Yunita Dwi Ratnasari

Abstrak


RINGKASAN

Ratnasari, Yunita Dwi. 2019. Peran Taman Bacaan Masyarakat Hutan Kota Bondas Kota Batu. Tugas Akhir. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Amalia Nurma Dewi, M.Hum.

Kata Kunci : peran, Taman Bacaan Masyarakat

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Taman Bacaan Masyarakat Hutan Kota Bondas Kota Batu dan kendala yang dihadapi Taman Bacaan Masyarakat Hutan Kota Bondas Kota Batu. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah petugas Taman Bacaan Masyarakat Hutan Kota Bondas Kota Batu, dan pemustaka pelajar. Sampel pada penelitian ini menggunakan purposif sampling yang sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Taman Bacaan Masyarakat Hutan Kota Bondas Kota Batu ada tiga yaitu sebagai sumber belajar, sumber informasi, dan tempat rekreasi- edukasi. (1) Sumber belajar meliputi kegiatan peminjaman koleksi, kegiatan membaca, dan kegiatan pendampingan belajar (les). Dengan penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat meningkatkan minat/motivasi belajar masyarakat. (2) Sumber informasi meliputi kegiatan penambahan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka, penyediaan koleksi yang terbaru, penyediaan internet dan layanan informasi bagi pemustaka yang mengalami kesulitan saat menelusur informasi. Dengan penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. (3) Tempat rekreasi-edukasi meliputi kegiatan mewarnai. Dengan penyelenggaraan tersebut dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

            Dalam menjalankan peran tersebut, Taman Bacaan Masyarakat Hutan Kota Bondas Kota Batu menghadapi beberapa kendala meliputi: (1) Ruang baca Taman Bacaan Masyarakat Hutan Kota Bondas belum representatif, (2) Kegiatan pendampingan belajar (les) dan mewarnai masih kondisional, (3) Belum tersedianya alat penelusuran OPAC (Online Public Acess Catalog).

            Berdasarkan uraian, saran yang dikemukakan untuk mengatasi kendala peran Taman Bacaan Masyarakat Hutan Kota Bondas Kota Batu yaitu : (1) Mengoptimalkan ruang baca dengan penataan ulang agar ruang baca tidak terlihat sempit. (2) Perlu perencanaan jadwal. Kegiatan pendampingan belajar (les) dan mewarnai juga perlu dilakukan secara rutin karena kegiatan tersebut sangat dibutuhkan pemustaka. (3) Petugas Taman Bacaan Masyarakat Hutan Kota Bondas Kota Batu, segera menyediakan alat penelusuran, karena alat tersebut dapat membantu pemustaka maupun petugas untuk menemukan koleksi dengan cepat.