Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Otomasi Perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang (SIPUSNELA)

Morena Fia Anggraeni

Abstrak


RINGKASAN

Perpustakaan sekolah merupakan sumber belajar bagi siswa baik di bidang akademik dan non akademik. Sebagai sumber belajar bagi siswa perpustakaan sekolah dituntut untuk memberikan layanan yang cepat dan baik, salah satu layanan perpusakaan yang langsung berhubungan dengan siswa ialah layanan sirkulasi karena di bagian ini siswa harus berhubugan dengan proses peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan. Layanan sirkulasi merupakan ujung tombak layanan perpustakaan dan untuk mningkatkan mutu layanan bagi pemustaka, perpustakaan dapat mengimplementasikan teknologi informasi perpustakaan salah satunya menggunakan sistem otomasi perpustakaan. sistem otomasi perpustakaan ini bertujuan untuk mempermudah pekerjaaan tenaga perpustakaann dan memberikan manfaat bagi penggunanya.

Fokus penelitian untuk mengungkapkan (1) sistem otomasi perpustakaan pada layanan srkulasi dan (2) kendala pada sistem otomasi .

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptif ini dipilih karena untuk memaparkan pemanfaatan sistem otomasi di perpustakaan dengan mengumpulkan data, menganalisis data, dan diakhiri dengan dengan kesimpulan dan proses penelitian dilakukan secara kulaitatif.Instrumen penelitian ini menggunakan  pedoman wawancara dan pedoman studi dokumentasi. Analisis data adalah menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, dan studi dokumentasi dengan cara mengolah data sehingga dapat diperoleh kesimpulan.

Hasil penelitian memaparkan bahwa Perpustakaan SMA Negeri 1 menerapkan sistem otomasi pada perpustakaannya pada tahun 2011 sistem tersebut dibuat oleh alumni dari sekolah SMA Negeri 1 Lawang yang diberi nama SIPUSNELA. Dalam penerapanya sistem otomasi perpustakaan terdapat unsur unsur yang terkait. yang terdiri dari 5 macam yaitu (1) pengguna, (2) perangkat keras, (3) perangkat lunak, (4) jaringan, dan (5) data.Aplikasi SIPUSNELA mencakup 2 kegiatan yaitu kegiatan pengolahan dan kegiatan sirkulasi.SIPUSNELA memliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulan yang dimiliki oleh SIPUSNELA ini adalah menu menu yang ada di aplikasi ini mudah dipahami dan mudah digunakan, memiliki notifikasi layanan sirkulasi yang terletak disebalah kiri, menu itu tentang pengunjung, peminjaman, pengembalian, dan pengembalian terlambat pada setiap harinya, kelemahan yaitu: fitur stock opname yang tidak digunakan, akun tunggal administrator, tidak dapat mencetak kartu anggota bahkan tidak dapat mencetak nomor panggil pada buku, mengentry buku dengan mengetik satu persatu kode buku dalam jumlah eksemplar yang banyak, terjadi error apabila 2 komputer digunakan secara bersamaan untuk mengentry buku dan kegiatan sirkulasi.