Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Koleksi di Perpustakaan SMP Negeri 1 Pakis Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP 11:2017)

Kartika Ayustina

Abstrak


RINGKASAN

Ayustina, Kartika. 2018. Evaluasi Koleksi di Perpustakaan SMP Negeri 1 Pakis

Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP11:2017).

Tugas Akhir. JurusanSastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri

Malang.Pembimbing Zeni Istiqomah, SIP., M.A.

 

Kata Kunci: Koleksi Perpustakaan, Evaluasi Koleksi, SNP, Perpustakaan Sekolah

Evaluasi koleksi merupakan kegiatan penting di perpustakaan sebagai alat ukur untuk membantu pustakawan dalam menentukan kebutuhaninformasi pemustaka. Dengan adanya evaluasi dapat mempermudah pustakawan dalam melakukan kegiatan pengadaan koleksi. Kondisi koleksi perpustakaan SMP Negeri 1 Pakis jumlah koleksi belum sesuai dengan kebutuhan pemustaka, sehingga perlu mengadakan kegiatan evaluasi untuk mengetahui kebutuhan pemustaka dan kesesuaian koleksi yang dimiliki perpustakaan.

Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu pendekatan campuran yang mengkombinasikanantarakuntitatifdankualitatif. Perpustakaan SMP Negeri 1 Pakis di pilihkarenajumlahkoleksibelumsesuaidengankebutuhanpemustaka, sehinggadapatdisesuaikandenganstandar yang berlaku.Data penelitian ini berupa informasi tentang koleksi di SMP Negeri 1 Pakis. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari hasil wawancara, petugas perpustakaan dsan siswa SMP Negeri 1 Pakis. Sumber data lain dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan pada perpustakaan SMP Negeri 1 Pakis. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data dapat dilakukan dengan merangkum, penyajian dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu mencakup tentang 5 komponen Standar Nasional Perpustakaan nomor 11 tahun 2017. Dari keseluruhan terdapat beberapa komponen yang sudah memenuhi standar yaitu, (1) jenis koleksi, (2) jumlah koleksi teks wajib, jumlah koleksi non fiksi yang dimilikisudah 91,3% dansudahmemenuhiStandarNasionalPerpustakaandan (3) perawatanbahanpustaka. Komponen yang belummemenuhistandarterdapatbeberapakomponen (1) jumlahkoleksifiksi yang dimilikihanya 8,3%, yang seharusnya di SNP 30%, (2) penambahankoleksi, (3)koleksi serial, (4) koleksireferensi,(5) cacahulangdanpenyiangan. Hambatanperpustakaan SMP Negeri 1 Pakis dalampenyediaankoleksisesuaidenganStandarNasionalPerpustakaanantara lain (1) dana yang diperlukantidakterpenuhisetiaptahunnya (2) tenagaperpustakaan yang masihsedikituntukmengelolhanperpustakaan

Saranyang dapat diberikanadalah (1) Pada bagian pengadaan, perpustakaan dapat melakukan kerja sama dengan perpustakaan yang lain (2) cacahulangdanpenyiangansebaiknyadilakukan 3 tahunsekali (3)perpustakaan sebaiknya mengalokasikan dana untuk perpustakaan yang sesuai dengan standarnya agar dapat menyediakan koleksi yang berkualitas untuk kebutuhan pemustaka, juga dapat memberikan fasilitas pendukung untuk koleksi non cetak.