Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatann Pojok Baca sebagai bagian Perpustakaan di SMAN 1 Lawang

FENDY PRASETYO

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyo,  Fendy . Pemanfaatann Pojok Baca sebagai bagian Perpustakaan di SMAN 1 Lawang. Tugas Akhir. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Andi Asari, S.IP, S. Kom, MA.

 

Kata Kunci: pojok baca, perpustakaan, SMAN 1 Lawang

Pojok Baca merupakan fasilitas dan sebagai penunjang pemanfaatan dari perpustakaan sekolah, sehingga pemanfaatan pojok baca selaras dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah, yang berfungsi sebagai sarana yang berguna dan bertujuan untuk menarik minat baca atau meningkatkan wawasan. Di SMA Negeri 1 Lawang menggalangkan program gerakan literasi yang didalamnya terdapat pengadaan pojok baca. Pojokbaca di SMA Negeri 1 Lawang adalah salah satu upaya yang dilakukan perpustakaan sebagai sarana untuk memudahkan peserta didik dalam menambah pengetahuan yang tidak hanya didapatkan di perpustakaan, karena letak pojok baca lebih dekat dengan setiap kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pojok Baca di SMAN 1 Lawang. Penelitian ini berfokus pada: (1) pemanfaatan pojok baca di SMAN 1 Lawang dan (2) kendala pemanfaatan pojok baca di SMAN 1 Lawang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan data sesuai dengan kondisi di lapangan.Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik trianggulasi yaitu gabungan dari teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi sebagai penguat data, yang diperoleh dari sumber data Subjek penelitian ini adalah kepala perpustakaan, pustakawan, dan siswa pengguna pojok baca.

Hasil penelitian menunjukkan dalam tugas akhir ini, mencakup dua simpulan. Pertama, pemanfaatan pojok baca di SMAN 1 Lawang, meliputi (a) refreshing, (b) menambah edukasi, (c) menfasilitasi kegiatan belajar. Kedua, Kendala dalam pemanfaatan pojok baca di SMAN 1 Lawang yakni, kehilangan buku dikarenakan kurangnya keamanan pada pojok baca, kurang lengkapnya koleksi pojok baca, dan kurangnya fasilitas pendukung pojok baca.