Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI 1 PAKIS KABUPATEN MALANG

SISCA FARIYANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Fariyani, Sisca. 2018. Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan di SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Malang. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Taufiq Kurniawan, S.IP, M.IP.

 

Kata Kunci: perpustakaan sekolah, teknologi informasi, sistem informasi perpustakaan.

Sistem informasi perpustakaan merupakan sekumpulan subsistem (pustakawan, koleksi, fasilitas dan sarana prasarana yang dimiliki) yang saling berinteraksi dan berhubungan dalam kegiatan manajerial perpustakaan seperti pengolahan koleksi, transaksi peminjaman dan pengembalian, dan temu kembali informasi dengan tujuan untuk memudahkan petugas mengelola perpustakaan dan memudahkan pemustaka menemukan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem informasi perpustakaan di SMP Negeri 1 Pakis kabupaten Malang dan kendala yang dihadapi pada implementasi sistem informasi perpustakaan di SMP Negeri 1 Pakis kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Setelah memperoleh data penelitian, penulis melakukan analisis data dengan mengolah data kemudian menyajikan data dalam bentuk kata-kata tulisan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan SMP Negeri 1 Pakis untuk memperbaiki pengelolaan informasi memanfaatkan teknologi informasi. Kegiatan implementasi sistem informasi perpustakaan terdiri dari lima tahap berdasarkan teori menurut Sulistyo-basuki (2014:9.31) yaitu (1) persiapan dan perencanaan, (2) pemasangan perangkat keras, (3) pemasangan perangkat lunak, (4) menciptakan pangkalan data, (5) pelatihan staf dan penyiapan senarai uji (check list), dan (6) implementasi sistem. Kendala yang dihadapi pada kegiatan implementasi sistem informasi perpustakaan yaitu (1) kurangnya penyediaan perangkat keras, (2) kurangnya waktu pelayanan perpustakaan, dan (3) database perpustakaan belum tersimpan secara terpusat.

Saran yang dapat dikemukakan adalah (1) petugas perpustakaan perlu mengupayakan menambah Personal Computer (PC) untuk layanan sirkulasi, (2) kepala sekolah perlu mengupayakan untuk penambahan SDM yang berkompeten di bidang perpustakaan khususnya IT, dan (3) petugas perpustakaan perlu mengupayakan untuk menggunakan satu sistem agar database perpustakaan dapat tercatat secara terpusat.